Iklan
 

John Keating

John Keating merupakan seorang tokoh guru dalam film yang sangat terkenal, yaitu Dead Poets Society (1989). Tokoh guru ini sangat inspiratif.

Dia adalah seorang guru sastra baru di sebuah college di Amerika tahun 80an. Apa yang dia lakukan ternyata tidak sekadar mengajar sastra. Dia justru mengajak para muridnya untuk bisa berekspresi secara bebas.

John Keating mengajak murid-muridnya untuk meluaskan pikirannya, dan tidak terkungkung oleh alur yang tampak sudah baku. Ia mengajak mereka untuk mengejar mimpi apapun yang mereka miliki. Dia mengenalkan sebuah ungkapan yang menarik, “Carpe Diem.” yang artinya “Petiklah hari-harimu!”

Sebagai guru sastra, Mr. Keating menggunakan sastra sebagai sarana untuk mengungkapkan segala perasaan. Ia menolak untuk mengajarkan sastra secara ortodoks, yaitu dengan menghafalkan atau mengukur kadar seni secara eksak.

Berikut adalah kata-kata bijak John Keating.

  • “Anak-anak, kejarlah apa yang menjadi suara hatimu. Karena, semakin lama kamu menunggu, justru makin mustahil kamu menukan. Karena Thoreau bilang,’Most men lead lives of quiet desperation.’ Jangan menyerah. Hajar!’ [John Keating]
  • “Entah apa yang dikatakan orang padamu, yang jelas kata dan ide dapat mengubah dunia.” [John Keating]
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: