Max Planck

Max Karl Ernst Ludwig Planck (lahir di Kiel, Schleswig-Holstein, Jerman, 23 April 1858 – meninggal di Göttingen, Niedersachsen, Jerman, 4 Oktober 1947 pada umur 89 tahun) adalah seorang fisikawan Jerman yang banyak dilihat sebagai penemu teori kuantum.

Lahir di Kiel, Max Planck memulai karier fisikanya di Universitas München pada tahun 1874, lulus pada tahun 1879 di Berlin. Dia kembali ke München pada tahun 1880 untuk mengajar di universitas itu, dan pindah ke Kiel pada 1885. Di sana ia menikahi Marie Mack pada tahun 1886. Pada tahun 1889, dia pindah ke Berlin, di mana sejak 1892 dia menduduki jabatan teori fisika.

Pada 1899, Max Planck menemukan sebuah konstanta dasar, yang dinamakan konstanta Planck, dan, sebagai contoh, digunakan untuk menghitung energi foton. Juga pada tahun itu, dia menjelaskan unit Planck yang merupakan unit pengukuran berdasarkan konstanta fisika dasar. Satu tahun kemudian, dia menemukan hukum radiasi panas, yang dinamakan Hukum radiasi badan hitam Planck. Hukum ini menjadi dasar teori kuantum, yang muncul sepuluh tahun kemudian dalam kerja samanya dengan Albert Einstein dan Niels Bohr.

Berikut adalah kata-kata bijak Max Planck.

  • Kebenaran tidak pernah berjaya, lawan dia meninggal dunia. [Max Planck]
  • Ilmu alam ingin manusia untuk belajar, agama ingin dia untuk bertindak. [Max Planck]
  • Kita tidak punya hak untuk berasumsi bahwa setiap hukum-hukum fisika yang ada, atau jika mereka telah ada sampai sekarang, bahwa mereka akan terus ada dengan cara yang sama di masa depan. [Max Planck]
  • Siapa saja yang telah serius terlibat dalam karya ilmiah dalam bentuk apapun harus menyadari bahwa di atas pintu masuk ke gerbang kuil ilmu pengetahuan ditulis kata-kata: kamu harus memiliki iman. Ini adalah kualitas yang ilmuwan tidak dapat dibuang. [Max Planck]
  • Jadi, apa yang dapat diukur, yang terdiri juga. [Max Planck]
Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: