1

Berkelahi di Lubang

Suatu siang, seekor musang sedang duduk santai menikmati angin sepoi-sepoi. Tak lama kemudian, datanglah seekor rubah yang hendak memangsanya.

Musang itu pun lalu berkata, ‘Jika kamu memang kuat, ku tantang kau berkelahi di dalam lubang.’

Rubah yang merasa percaya diri tak akan kalah melawan musang pun menyetujui usulan itu. Ia berpikir, ‘Mau di lubang atau di luar sama saja, aku jauh lebih kuat darinya.’

Lima menit kemudian, musang itu keluar sambil membawa paha rubah.

Musang kembali ke tempatnya berjemur tadi. Tak lama kemudian muncul seekor serigala yang hendak memangsanya.

Si musang pun berkata, ‘Jika kamu memang kuat, kutantang kau berkelahi di dalam lubang.’

Serigala terkekeh, ia geli dengan tingkah musang yang sok kuat dan menyetujui usulannya. ‘Mau di lubang mau di hutan, aku tetap lebih kuat dari musang kecil ini,’ gumam serigala.

Dua puluh menit kemudian musang itu keluar dengan menggondol paha serigala.

Sore pun tiba dan hari semakin gelap. Musang kemudian berteriak ke dalam lubangnya, ‘Sudah hampir gelap, kita lanjutkan besok lagi.’

Sesaat kemudian muncul sesosok harimau dari dalam lubang. Harimau itu berkata, ‘Bagus juga idemu.’

Cerita motivasi singkat yang inspiratif tadi adalah contoh dari sebuah teamwork yang baik. Dengan bekerjasama saat bekerja, hal yang sulit dicapai akan terasa lebih ringan. Bahkan terkadang, hasil yang diperoleh pun juga bisa lebih banyak dibandingkan bekerja sendirian. 

Musang dalam contoh cerita inspiratif singkat tadi tidak hanya mendapat makanan, ia juga bisa selamat dari pemangsa. Sementara, harimau bisa mendapat dua mangsa tanpa harus melakukan kejar-kejaran. Kedua hewan tadi sama sama kenyang, sama-sama diuntungkan.