Iklan
 

Filosofi Hedgehog


Filosofi Hedgehog

Hari itu, adalah musim salju yang paling ekstrim di Kanada. Banyak binatang yang mati akibat rasa dingin yang teramat sangat.

Di suatu daerah, tinggal sekelompok Hedgehog (sejenis landak). Mereka memutuskan untuk tinggal secara berkelompok di dalam sebuah gua, agar tetap hangat. Mereka mendekatkan diri satu sama lain. Namun ketika mulai berdekatan, duri-duri mereka melukai teman-teman terdekat mereka.

Setelah beberapa saat, mereka pun memutuskan untuk menjaga jarak satu sama lainnya. Akibatnya, mereka mulai merasakan dingin yang membeku, dan akhirnya terancam mati. Jadi mereka harus memutuskan: menerima duri-duri temannya, atau mati!

Secara bijaksana, mereka memutuskan untuk kembali bersatu. Mereka pun belajar untuk hidup dengan luka-luka kecil akibat jarak yang sangat dekat dengan sahabat-sahabatnya supaya dapat merasakan kehangatan. Cara inilah yang membuat mereka akhirnya selamat dan bisa bertahan hidup.

Pesan cerita ini:
Hubungan yang terbaik dalam hidup ini bukanlah hubungan yang membawa orang-orang yang sempurna dalam kelompok. Tetapi ketika semua individu belajar hidup dengan ketidaksempurnaan orang lain, serta mampu “mengapresiasi” semua kehangatan yang diberikan oleh teman-temannya.

Hal inilah yang membuat hidup kita menjadi lebih “hidup” (bermakna) & “mampu bertahan” dalam situasi atau lingkungan yang ekstrim sekalipun.

Iklan

10 Responses to Filosofi Hedgehog

  1. ApReeL Kwon berkata:

    Dua duanya pilihan yang menyakitkan,,
    tapi hidup tanpa pilihan juga bukan kehidupan namanya,…

    • Surya Medal berkata:

      hidup memang pilihan, Tuhanpun telah memberi kebebasan kepada kita untuk memilih jalan FAJIR atau jalan TAQWA (liahat qur’an Surat AsSyams : 8). dalam menjalani kehidupan di dunia memang kita harus memilih, pilihan mana yang akan kita ambil? terserah kita. Tuhan telah dengan panjang lebar memberikan penjelasan tentang berbagai alternatif pilihan termasuk konsekwensi (akibat) dari suatu pilihan yang kita ambil.

  2. nomor cantik im3 berkata:

    Saya suka sekali dengan kalimat pesan ini: “Hubungan yang terbaik dalam hidup ini bukanlah hubungan yang membawa orang-orang yang sempurna dalam kelompok. Tetapi ketika semua individu belajar hidup dengan ketidaksempurnaan orang lain, serta mampu “mengapresiasi” semua kehangatan yang diberikan oleh teman-temannya.”

    Dan memang jika dihadapkan pada realitas hidup, seandainya semua orang atau minimal 50% saja menerapkan cara berfikir seperti ini untuk kemudian ditularkan kepada yang belum sepemikiran, maka ke depannya sangat mungkin akan menjadikan dunia semakin jauh lebih baik.

  3. Ulul Lut berkata:

    sangat bijak kata katanya

  4. Romauli Sihombing berkata:

    Meinyentuh sekali

  5. Tak Bermoral berkata:

    Lebih Baik Berkelompok daripada Sendirian karna dengan Bersama semuanya jadi Lebih berwarna .

  6. witt berkata:

    Kereenn.. Ngena bgt.. Izin share ya 😊

  7. Wardi D'wardi berkata:

    sesakit-sakitnya hidup, hidup itu harus kita jalani dan bisa bertahan hidup lebih baik,.

  8. Bang Uddin berkata:

    mantap

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: