Makna Sebuah Pekerjaan

Seorang eksekutif muda sedang beristirahat siang di sebuah kafe terbuka. Sambil sibuk mengetik di laptopnya, saat itu seorang gadis kecil yang membawa beberapa tangkai bunga menghampirinya.

”Om beli bunga Om.”

”Tidak Dik, saya tidak butuh,” ujar eksekutif muda itu tetap sibuk dengan laptopnya.

”Satu saja Om, kan bunganya bisa untuk kekasih atau istri Om,” rayu si gadis kecil.

Setengah kesal dengan nada tinggi karena merasa terganggu keasikannya si pemuda berkata, ”Adik kecil tidak melihat Om sedang sibuk? Kapan-kapan ya kalo Om butuh Om akan beli bunga dari kamu.”

Mendengar ucapan si pemuda, gadis kecil itu pun kemudian beralih ke orang-orang yang lalu lalang di sekitar kafe itu. Setelah menyelesaikan istirahat siangnya,si pemuda segera beranjak dari kafe itu. Saat berjalan keluar ia berjumpa lagi dengan si gadis kecil penjual bunga yang kembali mendekatinya. ”Sudah selesai kerja Om, sekarang beli bunga ini dong Om, murah kok satu tangkai saja.”

Bercampur antara jengkel dan kasihan sipemuda mengeluarkan sejumlah uang dari sakunya. “Ini uang 2000 rupiah buat kamu. Om tidak mau bunganya, anggap saja ini sedekah untuk kamu,” ujar si pemuda sambil mengangsurkan uangnya kepada si gadis kecil.

Uang itu diambilnya, tetapi bukan untuk disimpan, melainkan ia berikan kepada pengemis tua yang kebetulan lewat di sekitar sana. Pemuda itu keheranan dan sedikit tersinggung.

”Kenapa uang tadi tidak kamu ambil, malah kamu berikan kepada pengemis?”

Dengan keluguannya si gadis kecil menjawab, ”Maaf Om, saya sudah berjanji dengan ibu saya bahwa saya harus menjual bunga-bunga ini dan bukan mendapatkan uang dari meminta-minta.

Ibu saya selalu berpesan walaupun tidak punya uang kita tidak bolah menjadi pengemis.”

Pemuda itu tertegun, betapa ia mendapatkan pelajaran yang sangat berharga dari seorang anak kecil bahwa kerja adalah sebuah kehormatan, meski hasil tidak seberapa tetapi keringat yang menetes dari hasil kerja keras adalah sebuah kebanggaan. Si pemuda itu pun akhirnya mengeluarkan dompetnya dan membeli semua bunga-bunga itu, bukan karena kasihan, tapi karena semangat kerja dan keyakinan si anak kecil yang memberinya pelajaran berharga hari itu.

Tidak jarang kita menghargai pekerjaan sebatas pada uang atau upah yang diterima. Kerja akan bernilai lebih jika itu menjadi kebanggaan bagi kita. Sekecil apapun peran dalam sebuah pekerjaan, jika kita kerjakan dengan sungguh-sungguh akan memberi nilai kepada manusia itu sendiri. Dengan begitu, setiap tetes keringat yang mengucur akan menjadi sebuah kehormatan yang pantas kita perjuangkan.

63 thoughts on “Makna Sebuah Pekerjaan”

  1. Subhanallah……terima kasih atas tulisan yang sangat bugus….untuk selalu mengigatkan kita agar senantiasa bersyukur……..

  2. cerita ini telah membuka pikiran sya sektika
    dimana sy hendak resend dr pekrjaan sy krena ingin mencari pkrjaan dengan gaji yang lebih besar

  3. Dari setiap kejadian pasti ada hikmah. Subhanalloh tulisan nya berkesan dan memberikan motivasi dalam hidup bahwa kita harus berjuang dalam hidup, menghargai sebuah pekerjaan.

  4. Subhanallah.. tulisannya bagus.. 🙂 terima kasih karena sudah men-share cerita mengesankan ini.. ^^

  5. semua orang bisa sukses

    nikmatilah apa yang anda kerjakan saat ini jangan selalu mengeluh
    tersenyumlah di saat anda bekerja itu bisa merubah segalanya..
    yakinlah..

  6. sekecil apapun hasil yang kita dapatkan dari pekerjaan yang kita lakukan harus di syukuri. karena hanya dengan bersyukur Allah akan menambah nikmatnya sebaliknya kalau kita kufur maka azab Allah sangat pedih. mohon direnungkan.

  7. Kecil bukan berarti kerdil..karena terkadang dari sesuatu yang kecil seseorang menjadi besar..dan karena hal kecil seorang yang besar menjadi kerdil…thanks God

  8. bner bngt,,terkadang qt malu dngn pkrjaan yg qt lakoni… ternyata msh bnyk dluar sana yg tdk mmliki pkrjaan…

  9. Bersujud kpd ALLAH
    Bersyukur sepanjang waktu
    setiap napasmu,seluruh hidupmu semoga di berkahi ALLAH.
    Bersabar taat pada ALLAH
    menjaga keikhlasannya
    semoga dirimu, semoga langkahmu di iringi oleh rahmatnya.
    Alhmdulilah wasyukurillah
    bersyukur padamu ya ALLAH
    engkau jadikn kami saudara
    indah dlm kebersamaan.:-)

  10. Singkat, padat, dan bagus .
    Carita ini adalah investasi dari leher ke atas yg memberikan motivasi dalam sebuah kebanggaan, “wlwpn upah kecil kalo didapat dari hasil dan usaha kita sendiri itu adalah salah satu penghargaan dalam hidup .

  11. bagus banget artikelny,,,membuat saya sadar,betapa pentingy sebuah pekerjaan,,,bukan seberapa uang yg qt dapatkan tpi seberapa besar qt bisa mensyukuriny,,,,

  12. Pingback: Makna Sebuah Pekerjaan – Al Warist Property

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top