Arti Kesetiaan

Kisah nyata yang bagus sekali untuk contoh kita semua yang saya dapat dari millis sebelah (kisah ini pernah ditayangkan di MetroTV). Semoga kita dapat mengambil pelajaran.

Ini cerita nyata, beliau adalah Bp. Eko Pratomo Suyatno, Direktur Fortis Asset Management yg sangat terkenal di kalangan Pasar Modal dan Investment, beliau juga sangat sukses dlm memajukan industri Reksadana di Indonesia. Apa yg diutarakan beliau adalah sangat benar sekali. Silakan baca dan dihayati.


Dilihat dari usianya beliau sudah tidak muda lagi, usia yg sudah senja bahkan sudah mendekati malam, Pak Suyatno 58 tahun kesehariannya diisi dengan merawat istrinya yang sakit istrinya juga sudah tua. Mereka menikah sudah lebih 32 tahun. Mereka dikarunia 4 orang anak.

Disinilah awal cobaan menerpa, setelah istrinya melahirkan anak keempat tiba-tiba kakinya lumpuh dan tidak bisa digerakkan. Itu terjadi selama 2 tahun. Menginjak tahun ke tiga, seluruh tubuhnya menjadi lemah bahkan terasa tidak bertulang, lidahnyapun sudah tidak bisa digerakkan lagi.

Setiap hari pak suyatno memandikan, membersihkan kotoran, menyuapi, dan mengangkat istrinya keatas tempat tidur. Sebelum berangkat kerja, dia letakkan istrinya didepan TV supaya istrinya tidak merasa kesepian. Walau istrinya tidak dapat bicara tapi dia selalu melihat istrinya tersenyum.

Untunglah tempat usaha pak suyatno tidak begitu jauh dari rumahnya sehingga siang hari dia pulang untuk menyuapi istrinya makan siang. Sorenya dia pulang memandikan istrinya, mengganti pakaian dan selepas waktu maghrib dia temani istrinya nonton televisi sambil menceritakan apa2 saja yg dia alami seharian. Walaupun istrinya hanya bisa memandang tapi tidak bisa menanggapi, Pak Suyatno sudah cukup senang, bahkan dia selalu menggoda istrinya setiap berangkat tidur.

Rutinitas ini dilakukan Pak Suyatno lebih kurang 25 tahun, dengan sabar dia merawat istrinya bahkan sambil membesarkan ke 4 buah hati mereka, sekarang anak2 mereka sudah dewasa, tinggal si bungsu yg masih kuliah.

Pada suatu hari, ke empat anak suyatno berkumpul dirumah orang tua mereka sambil menjenguk ibunya. Karena setelah anak mereka menikah, sudah tinggal dengan keluarga masing-masing dan Pak Suyatno memutuskan ibu mereka dia yang merawat, yang dia inginkan hanya satu semua anaknya berhasil.

Dengan kalimat yang cukup hati-hati anak yg sulung berkata “Pak kami ingin sekali merawat ibu, semenjak kami kecil melihat bapak merawat ibu, tidak ada sedikitpun keluhan keluar dari bibir bapak, bahkan bapak tidak ijinkan kami menjaga ibu”.

Dengan air mata berlinang anak itu melanjutkan kata-kata: “sudah yang keempat kalinya kami mengijinkan bapak menikah lagi, kami rasa ibupun akan mengijinkannya, kapan bapak menikmati masa tua bapak, dengan berkorban seperti ini kami sudah tidak tega melihat bapak. Kami janji kami akan merawat ibu sebaik-baik secara bergantian”.

Pak Suyatno menjawab hal yg sama sekali tidak diduga anak-anaknya: “Anak-anakku… Jikalau perkawinan & hidup di dunia ini hanya untuk nafsu, mungkin bapak akan menikah.. tapi ketahuilah dengan adanya ibu kalian disampingku itu sudah lebih dari cukup, dia telah melahirkan kalian. Sejenak kerongkongannya tersekat, kalian yg selalu kurindukan hadir didunia ini dengan penuh cinta yg tidak satupun dapat dihargai dengan apapun.”

“Coba kalian tanya ibumu apakah dia menginginkan keadaannya seperti ini? Kalian menginginkan bapak bahagia, apakah bathin bapak bisa bahagia meninggalkan ibumu dengan keadaanya sekarang, kalian menginginkan bapak yang masih diberi Tuhan kesehatan dirawat oleh orang lain? Bagaimana dengan ibumu yg masih sakit.”

Sejenak meledaklah tangis anak-anak pak suyatno. Merekapun melihat butiran-butiran kecil jatuh dipelupuk mata ibu Suyatno. Dengan pilu ditatapnya mata suami yg sangat dicintainya itu.
Sampailah akhirnya Pak Suyatno diundang oleh salah satu stasiun TV swasta untuk menjadi nara sumber dan merekapun mengajukan pertanyaan kepada Suyatno, kenapa mampu bertahan selama 25 tahun merawat Istrinya yang sudah tidak bisa apa-apa.

Disaat itulah meledak tangis beliau dengan tamu yang hadir di studio, kebanyakan kaum perempuanpun tidak sanggup menahan haru. Disitulah Pak Suyatno bercerita..” Jika manusia didunia ini mengagungkan sebuah cinta dalam perkawinannya, tetapi tidak mau memberi (memberi waktu, tenaga, pikiran, perhatian) itu adalah kesia-siaan”.

“Saya memilih istri saya menjadi pendamping hidup saya, dan sewaktu dia sehat diapun dengan sabar merawat saya, mencintai saya dengan hati dan bathinnya bukan dengan mata, dan dia memberi saya 4 orang anak yg lucu-lucu. Sekarang dia sakit karena berkorban untuk cinta kita bersama. Dan itu merupakan ujian bagi saya, apakah saya dapat memegang komitmen untuk mencintainya apa adanya. Sehatpun belum tentu saya mencari penggantinya apalagi dia sakit…”

Hidup adalah Perjuangan tanpa henti-henti, tidak usah kau tangisi hari kemarin.

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
atik - July 25, 2012

Subhanallah…

Reply
    miftah - January 28, 2013

    ijin copas gan……….

    Reply
lina - July 25, 2012

OMG ni crita mengharukan bgt sih

Reply
aida - July 26, 2012

kerrrreeeeeeeeeeeeeeeeennn..

Reply
dennis - July 26, 2012

subhanallah . . .

Reply
d.werina - July 26, 2012

Alhamdulillah…masih ada cinta dan kasih yang begitu indah seperti ini..

Reply
nana - July 27, 2012

subhanallah, smg bapak mendapatkan pahala yg luar biasa dr Allah swt atas
ketulusannya..amiieeenn

Reply
    Geng Araya - September 14, 2012

    sip lelaki sejatii pooooooll…………

    Reply
    Syahdan Zidan - December 18, 2012

    Subhanallah maha besar Allah ,,,

    Reply
yesi rukmana - July 27, 2012

ampun cerita nich membuat q menitihkan air mata….. sampai aku berfikir knp ayah ku begitu cepat meningalkan mama ku padalah mamaku mash sehat cantik….
pengen suami kanyak pak suyatno

Reply
rijal - July 27, 2012

crita yang menyentuh hati.

Reply
h1lm4n - July 28, 2012

ceritanya menyentuh hati..!! setia forever.

Reply
Patris tae - July 28, 2012

waoww……
sedikit prtanyaaan…
akankah para pembaca tulisan ini dapat meniru perbuatan2 baik pak suyanto….?
patris TAe

Reply
    Satria Arief Purnama - December 24, 2012

    insya alloh..

    Reply
      joe - January 12, 2013

      Insya allah

      Reply
    riyanto - October 5, 2015

    insyaallah….

    Reply
erlan coverfile - July 29, 2012

4 jempol deh bwt pak suyatno.. hik..hik..hik..

Reply
    junianto simatupang - September 19, 2012

    Mungkin ada juga yang meniru seperti bapak suyanto ini .

    Reply
siswo arsono - July 29, 2012

subahanallah………msh da setia di dunia ini…

Reply
arief - July 29, 2012

y allah..
pngen aQ bs bhagia smpe kakek nenek dgn istriQ kelak..

Reply
    iin - November 1, 2012

    amiennn

    Reply
Dzaky - July 29, 2012

izin compas ya
buat ngasih motivasi buat rekan2 saya ๐Ÿ˜€

Reply
hapip - July 30, 2012

itulah arti sebuah kesetiaan

Reply
Eka Dwi Novarianti_Siii Chuwikz ALoneLy - July 30, 2012

subhanallah…mpe terharu

Reply
azam - July 30, 2012

Subhanallah… keren banget bro…. jadi terharu aku berlinang air mata… ya Allah berikanlah keselamatan & kebahagiaan kepadanya

Reply
philipz - July 30, 2012

izin sedot ya…
buat bagi ilmu aja….

Reply
tony - July 30, 2012

ijin copas y ? mw jadikan bahan presentasi untuk memotivasi teman n sahabat saya. thank you.
GOOD STORY……… I LIKE IT. ^_^

Reply
udira - July 31, 2012

Ternyata pak suyatno sudah punya istri simpanan yang masih muda belia alias abg, sehingga dia malu untuk memperkenalkannya ke anak anaknya. Wkwkwkwkwkwkwk dunia ini panggung sandiwara.

Reply
    jack - March 10, 2013

    walau benar begitu dia tetap org yg hebat. jika org lain ada di tempt pk suyanto apakah org itu mampu menjalani apa yg di jalani pk Suyanto selama 25thn..????

    Reply
    Setia - March 27, 2014

    memang..ini uniknya

    Reply
    riyanto - October 5, 2015

    yukkk kita selau positif thinking…..agar dunia ini semakin indah.
    Dan kita sebagai makhluk lemah banya kurang, dan tidak bisa melihat kurang diri sendiri, untuk itu berbagi serita positif untuk saling mengingatkan sesama dan diri sendiri.
    Salam sehat selalu

    Reply
bejono777 - August 1, 2012

ikutan ahhh biar + semangat

Reply
rachmatarianto - August 1, 2012

Berlinang air mata ketika membaca kisah ini, karena hal tersebut pernah dialami oleh ayah saya. Hingga beliau kehilangan istrinya untuk selamanya dalam pangkuannya sendiri.

Reply
rachmatarianto - August 1, 2012

Sungguh ga kuat buat nahan air mata
Kisahnya hampir sama dengan ayah saya
Sayangnya ayah saya merasakan kehilangan ibu saya yang sesungguhnya.
Kisahnya sangat memotivasi saya.
Terimakasih.

Reply
Dienilmi - August 2, 2012

indah bangeeeett kisahnya……..
masih ada ya orang yang setia banget tanpa mikirin nafsu… :'(

Reply
Dewi Suriani - August 3, 2012

ya ALLAH jadikan lah semua pria didunia ini seperti pak suyatno…kesetiaannya benar2 tak terhitung mulianya…berikanlah kelak nanti aku pendamping yang setia seperti itu …amin

Reply
    diaz - February 25, 2013

    amin

    Reply
ngabei - August 3, 2012

jempol dan salut buat bapak

Reply
rovikbens88 - August 5, 2012

Sungguh terharu bangat…

Reply
riza - August 5, 2012

… sangat menyentuh,…sangat inspiratif…

Reply
Rahmawati - August 6, 2012

wowWWwww… Sungguh mulia Hati Pa SuyatNo… Mudah2 Bisa menginspirasi Kaum Pria lAinnya…

Reply
Dessy Jamilee Gesit (@DessyJamilee) - August 6, 2012

waw…. amazing, pengen deh bisa kayak pak Suyatno ๐Ÿ™‚
amin

Reply
nila - August 7, 2012

so sweet yaaa

Reply
retno - August 8, 2012

ya Allah…..betapa mulianya hati bpk Suyanto,semoga Allah mengkaruniakan pahala yang melimpah…..semoga saja saya bisa menerima apa saja yang Allah takdirkan buat saya,dan semogalah juga bukan cobaan yang seberat itu…terimakasih bapak…

Reply
anangs pahriyadi - August 8, 2012

subhanallah…!

Reply
kasimin - August 8, 2012

the true love is only one that is our Gog

Reply
kasimin - August 8, 2012

yaa Ok i like it

Reply
nurhendi hendi - August 8, 2012

ok banget , terharu……………..

Reply
qiws - August 8, 2012

Ternyata masih ada orang sperti pa Suyato..
jga terus komitmennya pA. ..sampai batin bpa merasa lelah..///

Reply
fari - August 8, 2012

indahnya cinta

Reply
Hendry Cheung - August 8, 2012

Luar Biasaaa…..
Mkin inilah arti mencintai kekurangan sbagai sbuah kesempurnaan, mka dri itu tidak akan ada kata perpisahan…..
Smga kita bsa mnrapkan’y dlm khdpan msing2….

Reply
yanthi septy - August 8, 2012

Wah hebat sekali bapak itu mks.

Reply
Henz Dmz - August 9, 2012

Nih ” ARTI BERSAUDARA” !
Disebuah desa yg subur, hiduplah 2 lelaki bersaudara.
Sang kakak telah berkeluarga dgn 2 orang anak, sedangkan si adik masih melajang.
Mereka menggarap satu lahan berdua dan ketika panen, hasilnya mereka bagi sama rata.
Disuatu malam setelah panen, si adik duduk sendiri dan berfikir. “pembagian ini sungguh tidak adil, seharusnya kakakku lah yg mendapat bagian lebih banyak karena dia hidup dgn istri dan kedua anaknya.”
Maka dimalam yg sunyi itu diam2 dia menggotong satu karung padi miliknya dan meletakkanya dilumbung padi milik kakaknya”.
Ditempat yg lain, sang kakak juga sdg berfikir, “pembagian ini adil jika adikku mendapat bagian yg lebih bnyak, karena ia hidup sendiri, jika terjadi apa2 dgnnya tak ada yg mengurus, sedangkan aku ada anak dan istri yg kelak merawatku.”
Maka sang kakakpun bergegas mengambil satu karung dari lumbungnya dan mengantarkan dgn diam2 ke lumbung milik sang adik.
Kejadian ini terjadi bertahun-tahun. Dalam benak mereka ada tanda tanya, kenapa lumbung padi mereka seperti tak berkurang meski telah menguranginya setiap kali panen?
Hingga disuatu malam yg lengang setelah panen, mereka berdua bertemu ditengah jalan. Masing2 mereka menggotong satu karung padi.
Tanda tanya dalam benak mereka terjawab sudah, seketika mereka saling memeluk erat, mereka sungguh terharu menyadari betapa mereka saling menyayangi.
Beginilah seharusnya kita bersaudara.
Harta tidak menjadi pemicu permusuhan melainkan menjadi perekat yg teramat kuat diantara saudara.
Allah telah menanamkan cinta pada hati mereka yg mau lelah memikirkan nasib saudara2 mereka.
Allah tak akan membiarkan kita kekurangan jika kita selalu berusaha mencukupi kehidupan orang lain.
Allah tak akan menyusahkan kita yg selalu berusaha membahagiakn orang lain.

Reply
Manan Sembakung - August 9, 2012

Subhanallah
sungguh luar biasa

Reply
Manan Sembakung - August 9, 2012

Subhanallah
sangat indah

Reply
sinaga - August 10, 2012

One in the billion, great expirience of life.

Reply
someone - August 12, 2012

subhanallah, ya Allah mdh2an sy bsa meneladani ini,..

Reply
Verasuprita - August 13, 2012

Good,,

Reply
muntasir - August 13, 2012

arti cinta yang sesungguhnya,,,,,,,,,,

Reply
nurdin helmi - August 14, 2012

Subhanallah….sangat menyentuh hati…sy ingin menjadi suami yang seperti P. Suyatno. Terima kasih Pak atas motivasinya. Sungguh luar biasa…

Reply
Abdul Latif - August 15, 2012

Subahanalloh….. semoga ketika ku punya istri, saya mmiliki cinta n kesetiaan seperti itu…..

Reply
farid afandi - August 19, 2012

terima kasih .. cerita anda telah menggugah hati

Reply
Sony Sudarsono - August 20, 2012

Berumah tangga itu komitmen, harus menerima istri-suami dalam suka dan duka, untung dan malang, demikian seperti yang diucapkan dalam janji perkawinan,…..harus ditiru komitmen bpk. suyatno…..cerita itu bagus.

Reply
yosef eko susanto - August 20, 2012

beliau seseorang yg sngt luar biasa..menjadi pelajaren bagi kami..

Reply
linshe - August 20, 2012

subhanalloh…Allah Maha Besar…kesetiaan yg patut diirikan..(arti positif) supaya semua bisa belajar…amin…

Reply
Michael Yosi Jolanda - August 21, 2012

Wktu tdak bisa d ajak kompromi,enah kta menjalankan yg dgan menyenangkan atw tidak,Dia trus berjalan.
Sya punya filosofi yg sya pegang erat
“Hidup itu sederhana, jika saya memutuskan sesuatu, sya tidak akan menyesalinya dikemudian hari”
Yg ingin saya tnyakan adalah
Bagaimana menjaga suatu komitem trhadap suatu keputusan pak
Tq.

Reply
alan ogista - August 21, 2012

Sedih memang sedih dan mampu menguras air mata pembacanya..cma yang tdk aku mengerti bagaimana seorang laki2 melawan fitrahnya sebagai manusia. Yang mana hal ini tdaklah menyalahi aturan agama terkeciali kalo memang fitrahnya begitu..lain ceritanya hanya dia tdk ungkapkan dalam kisahnya..yang jadipermasalahan adalah ketika ada orang yang mau berbuat hal yang sama sementara kisahnya berbeda apa yang di alami nya

Reply
ira - August 21, 2012

sungguh luar biasa cinta dan kesetiaan bpk suyatno.

Reply
Arif - August 22, 2012

Subhanallah…
semoga bermanfaat…
ijin share pak…

Reply
samy fadly pratama - August 24, 2012

Itu namanya cinta sejati…….
Sumpah janji waktu ijabqobul di pegang teguh
Mudah2 an saya bisa mencontohnya amin

Reply
    samy fadly pratama - August 24, 2012

    Itu namanya cinta sejati….
    ketika kita berucap sumpah janji disaat ijab qobul
    kita pegang terus sampai mati………..
    Mudah2an saya bisa seperti beliau.amin

    Reply
lessy afriany - August 24, 2012

sungguh kesetiaan yg penuh pengorbanan dan keikhsan,,hanya ada 1 laki laki yg bs melakukannya,,yaitu bpk…patut untuk dicontoh..sy sgt terharu dgn keadaan yg diceritakan smpai meneteskan air mata.

Reply
lessy afriany - August 24, 2012

sungguh bsar cinta dan kstian..

Reply
imand - August 24, 2012

subhanallah, good story!!
luar biasaa,,,,,

Reply
Kamal - August 26, 2012

subhanallah, Izin share, pak

Reply
Kamal - August 26, 2012

Subhanallah.. Izin share,pak..

Reply
Budi Widyatmono - August 27, 2012

tak bisa diungkapkan dengan kata kata……….amin

Reply
nana mulyana - August 27, 2012

mengharukan, gan

Reply
yl - August 28, 2012

Arti KESETIAAN??? cb temukan jg artinya dr film “HACHIKO”, diangkat dr kisah nyata dr Negeri Sakura, kisah seekor anjing yg setia menunggu majikannya di Stasiun Shibuya, Tokyo, Jepang, selama 10 tahun meskipun majikannya sdh lama meninggal..

Reply
noviana ulfa cliquers - August 28, 2012

Subhanallah bgtu mulia nya hati bapak tsb,, ฦ”ยชยชวŽวŽ ุงูŽู„ู„ู‘ู‡ู izin kan hamba merasakan kasih sayank yg seperti itu baik dari ayah mau pun pendamping qu klak,,,, ๎œ ~ยฐ~ฦ‹โ™ศ‹ฬŠฮท~ยฐ~O:)~ยฐ~ฦ‹โ™ศ‹ฬŠฮท~ยฐ~๎œ 

Reply
herwin - August 29, 2012

top ceritanya,,jadi smangat jaga ibuku yg lumpuh skrg…love u mom….

Reply
    Marsianus - January 8, 2014

    keep spirit Herwin,, aq ikut mendoakan ibunda semoga di beri rahmat kesembuhan agar kembali bersukacita sprti sdia kala dalam keluarga,,

    Reply
Roiezt - August 29, 2012

Apa yang Muda Mau kalah sama yang tua?

Reply
davis - August 30, 2012

sangat menyentuh… semoga saya bisa melewati.wlpn mungkin tak setegar pak eko pratomo.sedikit menambahkan kebahagiaan memang masalah hati bkan penampilan…

Reply
iin - August 31, 2012

cinta yang teruji mahal sekali harganya. Ruar biasa

Reply
N'dank - September 2, 2012

So sweet…

Reply
roppie - September 2, 2012

perjuangan gan!!!

Reply
didit ya - September 3, 2012

sungguh aku ingin menjadi lelaki seprti bpk

Reply
Evi - September 4, 2012

Cerita yang sangat mengharukan. Semoga kita bisa ambil manfaat untuk hidup sendiri..

Reply
hudajani sidik - September 7, 2012

Subhanalloh Indah sekali mengharukan. membahagiakan punya suAmi seperti beliau ini

Reply
    AsQah SatHa - October 2, 2012

    Keep in spirit… ๐Ÿ™‚

    Reply
putri - September 7, 2012

Ini kali ke 7 aq baca cerita ini, ternyata ada cinta seperti..jd u yg doyan poligami…kaya’x niatx bkn ibadah dan cinta deh! Tp nafsu

Reply
Siti netti - September 11, 2012

Salut liat pak suyatno spt itu, moga suami q jg spt itu

Reply
Eeng - September 14, 2012

Cinta kasih sayang pak suyatno kepada istrinya sungguh luar biasa dia mencintai karena allah dan cintanya juga bukan karena nafsunya tapi karena dia benar2 menyayangi istrinya, semoga apa yang dilakukan oleh pak suyatno menjadi inspirasi bagi kita bagaimana mencintai pasangan kita. Belajarlah mencintai karena allah bukan karena nafsu..

Reply
Qubil - September 15, 2012

Langka, smoga dprtmukan kembali di surga-Nya kelak

Reply
azhar - September 17, 2012

semuanya hidup memang pasti ada manis pahitnya,tapi disaat pahit itulah kesempatan kita untuk menggali semua yang di berikan pencipta.semangat terus bapak insya alloh semuanya akan dapat balasan dari sang kuasa jagat raya ini amin ๐Ÿ™‚

Reply
Tommy pratama - September 20, 2012

Apakah saya mampu menjadi beliau..?

Reply
fikri urangsunda - September 21, 2012

Hampir sama ceritanya sama kisah yang brada dicina. Tpi saya suka sekali

Reply
rizal - September 21, 2012

Subahannalloh……
Bener bgt Rasululloh juga termasuk orang yg setia dgn khotijah, karena beliau tdk pernah menikah lagi selama istri pertamanya (khotijah) masi hidup. setelah khotijah meninggal lalu beliau menikah dgn aisyah dari situ lah baru beliau menikah dgn wanita lain.

Reply
faizrizki - September 23, 2012

Subhanallah….
Kesetiaan yg sangat luar biasa,,,

Reply
Itha - September 26, 2012

That’s True Love..

Reply
Ila Afnie's - October 1, 2012

ya Allah, (terharu…)
Smga istri bpk lekas diberikan ksembuhan… Aamiin
Allahu ma’ana…

Reply
AsQah SatHa - October 2, 2012

Wowww…. Bener 2 Pak Suyatno adalah seorang suami yang bijak dan patut tuk dijadiin contoh teladan menghargai perempuan/seorang istri…
I Like it… tuntunlah kami ya Allah, untuk bisa mencontohi beliau dalam kehidupan berumah tangga dan ingatkan kami ketika kami khilaf sebagai seorang anak….

Reply
choky - October 3, 2012

gila aku jadi nangis terharu..
Saluuuuttt.. semoga aku juga begitu..

Reply
Novita Madalena Sitorus - October 3, 2012

masih adakah kahh cinta seperti itu di jaman sekrng.????
atau 1 : 1000
=_= “

Reply
gigi - October 5, 2012

anda benar-benar pria dahsyat pak suyatno….JEMPOL dah

Reply
fadly - October 12, 2012

Subhanawlah..

Reply
semua orang bisa sukses - October 20, 2012

apapun yang terjadi kita sudah seharusnya setia, kepada pasangan kita… karna itu salah satu jalan menuju ke tentraman hidup…

Reply
cerdas - October 23, 2012

moga sifat yg terpuji seperti itu bisa menular pada qt semua dan memberi inspirasi.aminnn.

Reply
yosafat marbun - October 23, 2012

Sangat pantas untuk di teladani

Reply
purbajo - October 24, 2012

terharu hati ku lhat pak suyatno

Reply
ardi pratama - October 24, 2012

kalo cinta begitu hangat , maka tidak akan ada kcewa

Reply
Husyna Labudu - November 8, 2012

MasyaALlah,subHanawLoh…terHaru skLi mendengar kisah ini begitu muLia&sucinya CINTA Laki2 sprti pak suyatno bersyukurLah wanita yg jdi istrix….knp? Bukan sy y…yg jdi istrix hmm…andaikn sy dLux Lhir seumuran pak suyatno…mungkn sy yg jdi istrix..hehehe

Reply
fauziah - November 9, 2012

seperti suamiku,,,

Reply
imus - November 22, 2012

subhanallah….
ingin seperti itu,
bisakah ya diriku

Reply
rohman - December 6, 2012

waw sungguh mengharukan
thanks sudah berbagi

Reply
ami - December 14, 2012

mebuat butiran air mata…..berlinang….benar-benar setia….

Reply
linus kendek - December 16, 2012

cinta sjti mng indh….

Reply
Khoir - January 3, 2013

Subhanallah walhamdulillah walaillahaillallah huallah huakbar.
Rumah tangga jika tidak di dasari dengan cinta, itu bukanlah rumah, tapi hanya sebuah bangunan.
Namun jika didasari dengan cinta, itu adalah rumah yang di naungi dengan air mata kebahagiaan.

Reply
luluk MF - January 11, 2013

Subhaanalloh…maha suci alloh

Reply
joe - January 12, 2013

Coba aja kalo semua orang di dunia ini kaya pak suyatno.

Reply
must Joe - January 17, 2013

Inilah bukti kebenaran Allah …… saat syetan meragukan manusia sebagai khalifah ………. inilah kehebatan manusia di satu sisi

Reply
andrianysa - January 20, 2013

subhanallah…..smga bpk mndpt blzn drNya….smga pun suami q kelak jg mpunyai kstian sprti bpk.amin

Reply
Ndha Shaeye - January 31, 2013

subahanallah ,, masih ada yaa org seperti itu ,, salut bapak ,,

Reply
susta - February 2, 2013

air mataku berlinang setelah baca kisah ini,beliau hebat!

Reply
mandor - February 18, 2013

ุณูุจู’ุญูŽุงู†ูŽ ุงู„ู„ู‘ู‡ู
,Izin share ya Gan..

Reply
Ade Syahda Alsaidah - March 14, 2013

Subhanallah suami yang setia..

Reply
antonius harkingto - March 28, 2013

ฤญ kile it

Reply
deeanfairuz - April 22, 2013

kesetiaan yg sangat langkah….p suyatno god luck.

Reply
Echa'anakDesa ItuErma - April 27, 2013

q ingn suami q kelak dapat mencotoh & mengambil hikmah dari kisah ini…

Reply
Endro - May 1, 2013

Itu baru arti “GENTLEMAN” yg ssngguhnya…
Saluuttt…
Smga beliau mndaptkn prlindungan dari Allah SWT, sbgmna bliau mnjga istri beliau…N smoga aq bisa mncntoh beliau….
Amiinn..
Salam “\m/” bwat Mr. Eko Pratomo Suyatno

Reply
Rofi - June 8, 2013

Subhanalloh,,,
Jarang ada orang seperti itu,,,
Ku sangat terharu

Reply
theresia mindas - June 13, 2013

luaarbiasa,..

Reply
eunike - August 3, 2013

Amin. i hope so ๐Ÿ™‚

Reply
Ardiansah123 - September 17, 2013

Bagus bgt.:-)

Reply
Andy Ajhis Ramadhan - October 3, 2013

Cinta bukanlah sebuah nafsu ^_^ tetapi kesetiaan, pengorbanan & Kasih Sayang yang tulus.

Reply
rey - October 22, 2013

luar biasa pengorbanannya

Reply
Muh Rafli - November 5, 2013

Izin share kaka ๐Ÿ˜€

Reply
Jihan Mmpp - February 25, 2014

sungguh luar bisaaaaaa inilah yang di namakan ksetiaan sehidup sematiii kapan q bisa dpt org kaya gitu ๐Ÿ™

Reply
Inspirasi Kesetiaan - March 18, 2014

Gila ini cerita, mengharukan bangett. Nice Post gan..

Reply
Novpra Windu - April 10, 2014

luar biasa…….

Reply
Yacob Leke - April 21, 2014

Luar biasa

Reply
fikrias - May 15, 2014

izin copas,,semua org harus tau ini

Reply
radinal - June 2, 2014

Ini Baru PRIA…. !!!

Reply
adul - June 3, 2014

Barang langka,barang antik,

Reply
gnt fiber - June 25, 2014

laki bukan jniwa pengecut hahaha
mantap gan artikel nya

Reply
asep - July 8, 2014

ijin copas

Reply
fadat devano beck - July 23, 2014

kesetian cinta dunia dan akhira.,.,

Reply
koko - July 25, 2014

minta ijin share

Reply
saurisupyan@gmail.com - August 23, 2014

mantap bgt deh pa suyatno

Reply
novi - September 19, 2014

Subhanallah…
ijin share gan…

Reply
Ato - September 21, 2014

Wow…hebat dn g nyangka mash ada orang seperti it…

Reply
Ato - September 21, 2014

Kereeee,dn sangat m’harukan…smg bbnyak dri kaum adam yg b’sifat begitu…subhanAllah

Reply
fadlin - October 11, 2014

ya allah hamba harus seperti beliau ,,,aaamiiiiiin

Reply
dita - October 26, 2014

subhanAllah sungguh luar biasa ,

Reply
Ighal Vanelo - November 1, 2014

kerennnn ceritanya :,(

Reply
edy pemimpi - February 26, 2015

Kayak dongeng saja,seolah-olah aku dibawa kesebuah negri yang penghuninya bukan manusia tetapi malaikat pilihan yang hanya pantas ada di firdaus,,,,,
SUBHANALLAH….

Reply
syasa - March 22, 2015

Subhanallah Allahu Akbar

Reply
sigit - April 25, 2015

Kesetian pak suyatno smg ad padaku,ya rab…..utk setia dgn istri tercintaku dan anakku.pipimimipopo

Reply
Putri zakiyah - May 11, 2015

Subhaanallaah,, dI zaman ini, Masuh adakah cinta seperti ini.
Teimakasih mas, Ceritanya sangat menyentuh.

Reply
Rika Elsis Milsasail - June 4, 2015

ceritanya mengharukan bgts…. salut bgts am kesetiian bpknya.

Reply
Putri - August 12, 2015

Subhanallah begitu mulianya hati pak suyatno cinta dan kasih sayang begitu besar kepada sang istri. semoga mereka berdua tetap diberikan cinta yg kuat satu sama lain dan diberikn kebahagiaan, bisa jadi motivasi buat kita semua. turut terharu membacanya :’)

Reply
aries - February 29, 2016

Keren bingin berlinang air mta

Reply
Novita Naut Banilo - March 10, 2016

Terimakasih Bapak Suryono :).
Kisah anda membuat saya menangis ;(.
Kesabaran Bapak membuktikan bahwa tidak selamanya cinta hanya diungkapkan lewat kata-kata. Melainkan dari perbuatan yang kita tunjukan.

Reply
hamz - April 28, 2016

Perlu di contoh!

Reply
hamz - April 28, 2016

Perlu di contoh kesetiaannya! ๐Ÿ‘

Reply
AquaQQcom - November 11, 2016

Sangat Terharu saya bacanya …. matap sekali …..

Reply
Yusuf - November 23, 2017

Ijin copas, share n save

Reply

Leave a Reply: