Berhentilah Mengeluh

Pantaskah kita mengeluh? Padahal kita telah dikaruniai sepasang lengan yang kuat untuk mengubah dunia.

Layakkah kita berkeluh kesah? Padahal kita telah dianugerahi kecerdasan yang memungkinkan kita untuk membenahi segala sesuatunya.

Apakah kita bermaksud untuk menyia-nyiakan semuanya itu? lantas menyingkirkan beban dan tanggung jawab kita?

Janganlah kekuatan yang ada pada diri kita, terjungkal karena kita berkeluh kesah. Ayo tegarkan hati kita. Tegakkan bahu. Jangan biarkan semangat hilang hanya karena kita tidak tahu jawaban dari masalah kita tersebut.

Jangan biarkan kelelahan menghujamkan keunggulan kita. Ambillah sebuah nafas dalam-dalam. Tenangkan semua alam raya yang ada dalam benak kita. Lalu temukan lagi secercah cahaya dibalik awan mendung. Dan mulailah ambil langkah baru.

Sesungguhnya, ada orang yang lebih berhak mengeluh dibanding kita. Sayangnya suara mereka parau tak terdengar, karena mereka tak sempat lagi untuk mengeluh.

Beban kehidupan yang berat lebih suka mereka jalani daripada mereka sesali.

Jika demikian masihkan kita lebih suka mengeluh daripada menjalani tantangan hidup ini?

92 thoughts on “Berhentilah Mengeluh”

  1. bagaimana cara mengeluh yg baik? tataplah diri anda di cermin liat betapa jeleknya wajah anda ketika sedang mengeluh ternyata keluhan adalah bayangan dari sebuah ketidak berdayaan .

  2. hemm,, okey jangan mengeluh, karna kita punya tubuh yang perfact untuk bisa melakukan suatu hal yang hebat.

  3. selama nie sya sring mengeluh tas pa yg tlah terjadi. setelah sya membca artkel nie sya akan mncoba untuk memprbaikinya…

  4. Illeuh romlah

    Manusia memang mahluk yg lemah jd wajar jika sekali ia brkeluh kesah yg penting gk pts asa,,,

  5. Mengeluh…sepertinya tanda ketidak berdayaan atau bahkan tidak menerima keadaan, padahal belum tentu yang kita tidak sukai itu tidak baik buat kita,carilah hikmah dibalik peristiwa….

  6. LAWONG KEPENGINANE SING MULUK-MULUK NDENG, DADINE DONG ORA KLAKON DADI MENGELUH, TANDANE WONG ORA BERSYUKUR, PADA JARENE SING GAWE OREP TAH DONG BERSYUKUR DITAMBAH KENIKMATANE TAPINA DONG ORA SYUKUR TAMBAH MENDERITA TERUS, DEDINE MENGELUH TERUS, orang yang ridho atas beban yang melingkupi sedianya ALLAH SWT akan memberikan rahmat sampai binatang melatapun mendoakannya, dan berilah kabar gembira pada orang-orang yang sabar dan berserah diri sehingga tidak ada orang yang berhak mengeluh bahkan wajib mengeluh TAPI GUSTI ALLAH KUWE NGETES BAKUTEN KUWE EMAS APA LOYANG DONG EMAS YE TIBENE SENENG DONG LOYANG YE SUWE-SUWE JAMUREN

  7. saya suka dengan artikel ini karena ini sangat membuat orang kuat karena semua yang kita alami itu harus di syukuri….
    mkch bt motivasinya

  8. iya bener mengeluh cuma menambah capek, beban dan g semangat lagi!!!!!!
    lakukan semua nya dengan langkah tegap dan senyuman yang indah
    cayooooooooo

  9. good2. mengeluh gag ada gunanya. mengeluh adalah tanda orang yang mudah putus asa dan tidak pernah bersyukur dengan apa yang telah di karunia oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Jadi untuk apa mengeluh?? Ayo bangkit !!!

  10. “keluhan merupakan imbalan / hasil yang kita terima dari ketidakseriusan dalam mencapai suatu tujuan. . . . ”
    “keluhan merupakan sifat alamiah yang terpendam dari dalam diri setiap manusia yang muncul kepermukaan apabila manusia tersebut merasa bahwa ada sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginannya. . . . . . .”
    “Motivasi adalah penawar dari keluhan (sifat alamiah) yang manusia miliki. . . ”
    So, jika anda sedang mengeluh. .cari segera penawar dari keluhan anda tersebut. . . . tentunya dimulai dengan sedikit KEBERANIAN dan banyak KEMAUAN. . . . . . . . .
    wasalam. . .
    😀

  11. “Jangan biarkan kelelahan menghujamkan keunggulan kamu. Ambillah sebuah nafas dalam-dalam. Tenangkan semua alam raya yang ada dalam benak anda. Lalu temukan lagi secercah cahaya dibalik awan mendung. Dan mulailah ambil langkah baru.”
    ~SEMANGAAAATTTT~~~

  12. lucky jatikusumo

    Apabila anda perhatikan kata “life” anda akan menemukan 2 huruf ditenganya adalah “if” tentunya anda akan hidup jika………salah satunya adalah keep fighting and never give up. Mannnttaapp

  13. apapun yang terjadi di dalam hidupku… slalu kuberkata: Tuhan itu baik…… dalam segala keadaan tetapku berkata: DIA sunnguh baik!

  14. tida yg lebih indah dr keyakinan pada apa yg akan kita terima setelah melakukan usaha kita. so semangat teruuuuussss mnjalani hidup

  15. bener, masih banyak orang yang lebih susah di luar sana, aku seharusnya bersukur atas nikmat rzeki yg tlah Allah berikan kepada ku. ALHAMDULILLAH.

  16. subhanallah ..
    betapa indah nya hidup ..
    alangkah nista nya saya yang sering mengeluh ..
    padahal kehidupan nya lebih baik dari orang lain ..
    saya akan mencoba untuk berubah ..
    thanks..

  17. Semakin banyak orang yang membaca tulisan ini, maka akan semakin banyak orang yang terinspirasi, semakin banyak orang yang terinspirasi, maka akan semakin mendapat berkah buat Anda yang menulisnya.
    Kalau di ijinkan, kami tertarik untuk menceritakannya kembali melalui media yang kami miliki. Mohon infonya???
    Terimakasih

  18. bagi saya, Anda boleh “mengeluh” / curhat …karena itu salah satu cara melepaskan emosi negatif. tp setelah itu Anda harus segera bersyukur ats kelegaan yg Anda rasakan
    jika mengeluh berlebihan, segera hubungi dokter terdekat….^^

  19. Terimaksih, iphincow” biar terinjak untuk masa depan yang lebih baik” sabar dan selalu meminta pertolongan kepada allah swt. agar di beri kekuatan untuk menempuh rintangan yang ada di jalanya…..

  20. mengeluh adalah tanda sifat manusia namun dibalik itu perlu merenung bahwa sekarang lebih baik dari sebelum-sebelumnya…semoga banyak bersyukur sedikit mengeluh

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top