Janganlah Memaksa

Seorang kakek sedang berjalan-jalan sambil menggandeng cucunya di jalan pinggiran pedesaan. Mereka menemukan seekor kura-kura. Anak itu mengambilnya dan mengamat-amatinya.

Kura-kura itu segera menarik kakinya dan kepalanya masuk di bawah tempurungnya. Si anak mencoba membukanya secara paksa.

“Cara demikian tidak pernah akan berhasil, nak!” kata kakek, “Saya akan mencoba mengajarimu.”

Mereka pulang. Sang Kakek meletakkan kura-kura di dekat perapian. Beberapa menit kemudian, kura-kura itu mengeluarkan kakinya dan kepalanya sedikit demi sedikit. Ia mulai merangkak bergerak mendekati si anak.

“Janganlah mencoba memaksa melakukan segala seuatu, nak!” nasihat kakek, “Berilah kehangatan dan keramahan, ia akan menanggapinya.”

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Fikar - April 26, 2010

Kalau boleh menafsirkan, itu artinya janganlah memaksakan sesuatu pada siapapun tapi ajaklah seseorang dengan cara memberikan mereka sebuah perhatian atau kepedulian.

Reply
Sapril - April 28, 2010

Singkat dan mengena. Inspirasi yang pas. Ramah dan hangat, kualitas yang jarang ditemui di dunia yang sibuk ๐Ÿ™‚

Reply
ismail - April 28, 2010

simpel tapi bermakna, artikel yang sip dah mas.. tapi kalau lebih panjang mungkin lebih menarik lagi tuh mas.. he..he.. salam kenal

Reply
    Cerita Motivasi - June 5, 2010

    terima kasih masukannya, salam kenal ๐Ÿ™‚

    Reply
Sunardi - April 29, 2010

Sip, salam kenal dulu ah sob…

Reply
    Cerita Motivasi - June 5, 2010

    salam kenal bro sunardi, terima kasih sudah berkunjung ke blog ini ๐Ÿ™‚

    Reply
Ihsan Prawoto - May 3, 2010

mantap mas artikelnya mengena sekali buat yang butuh kisah inspirator…

Reply
ardi - May 4, 2010

ia…….
kalu mnurut gw se.., dari crita itu.
sgala seswatu dalam hidup t g bole terlalu dpaksain.
karna t hal yg sia” dan akan membuang waktu kita..
hidup ini mengalir, ia g?
kalu g bs dsini toh ada jalan yg laen jugak.

Reply
cahyadi - May 5, 2010

btul 3x…………….

Reply
script gratis - May 6, 2010

salam kenal, spt lagunya kotak “pelan-pelan saja”

Reply
    Iphin Cow - May 23, 2010

    iya ini udah pelan pelan kok :p

    Reply
Rama - May 6, 2010

Like this…
“berikan kehangatan dan keramahan,
ia akan menanggapinya…”

Reply
    Iphin Cow - May 23, 2010

    berikan nasi kucing dan kopi susu, saya akan memakan dan meminumnya ๐Ÿ™‚

    Reply
Endang Kusmana - May 6, 2010

Betul.. jangan memaksa… itu namanya pemerkosaan hehe… !

Reply
    Iphin Cow - May 23, 2010

    haha…. udah pernah diperkosa ya? ๐Ÿ™‚

    Reply
Jamal - May 6, 2010

Wah kalau diartikan artinya dalam banget ya,,,

Reply
    Iphin Cow - May 23, 2010

    iya, sedalam laut biru ๐Ÿ™‚

    Reply
Wahyu Budi Utomo - May 7, 2010

Paksalah dirimu untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya…

Reply
    Iphin Cow - May 23, 2010

    janganlah memaksa ๐Ÿ˜€

    Reply
raja samudera - May 11, 2010

contoh yang bagus, salam kenal

Reply
    Iphin Cow - May 23, 2010

    salam kenal mas raja samudera ๐Ÿ™‚

    Reply
citra hidayat santika - June 5, 2010

sgt btl. Kt memng tk blh memksa kan ssuatu ..u true

Reply
SHANTEENI - June 23, 2010

SAYA BETUL -BETUL SUKA SEMUA CERITA MOTIVASI!!!!1

Reply
berdiribersama - June 27, 2010

dengan sangat terpaksa, saya tidak akan memaksakan lagi sebuah paksaan kepada paksaanmu padaku, wkwk ๐Ÿ™‚
salam kenal mas..

Reply
ci2_c - July 16, 2010

tdk slamanya pemaksaan tdk baik…ad kalanya pemaksaan justru utk suatu kebaikan jangka panjang;;;;

Reply
abdul rojak - August 10, 2010

lucu. kura2 itu memberi respon kan karena takut kebakar. hahaha

Reply
yusep andi kusuma - October 30, 2010

Sangat inspiratif postingannya…
ijin share ya…semoga banyak pembaca terinspirasi oleh cerita2 ini.

Reply
rudi - June 21, 2011

Memang bukan pemaksaan, tp karena keterpaksaan..Karena si Kura-kura terasa panas,,kurang mantaffff story nya..

Reply
sujatmiko huda - November 28, 2011

izin share lagi ya

Reply
Pefinta Diana Putry - February 12, 2012

artikelnya bagus.
klau lbih pnjang lgi, mngkin smakin sempurna.
๐Ÿ™‚

Reply
ujang - May 22, 2012

izin copas ya mas

Reply
David Yoseph - November 18, 2012

pas banget…

Reply
sri waluyo - June 3, 2013

ijin share ya

Reply
wanto aja - November 11, 2013

kunjungan prdana sob….:)
bgus bgt critany…
pnuh mkna…….(y)

Reply
armando - November 13, 2013

sip.

Reply
yuni kus - June 3, 2015

good (y)

Reply
Rini - June 28, 2015

Sebuah kisah yang bagus

Reply
rudy - June 8, 2016

sama2 memaksa.. cuma cara kakek lebih efektif

Reply
Arief Mucus - September 14, 2016

segala sesuatu yang dipaksakan tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal….

Reply
Anita r.d.u. - March 22, 2017

Maknanya sungguh mendalam

Reply

Leave a Reply: