Iklan
 

Jendela Rumah Sakit


Jendela Rumah Sakit

Dua orang pria, keduanya menderita sakit keras, sedang dirawat di sebuah kamar rumah sakit. Seorang di antaranya menderita suatu penyakit yang mengharuskannya duduk di tempat tidur selama satu jam di setiap sore untuk mengosongkan cairan dari paru-parunya. Kebetulan, tempat tidurnya berada tepat di sisi jendela satu-satunua yang ada di kamar itu.

Sedangkan pria yang lain harus berbaring lurus di atas punggungnya.

Setiap hari mereka saling bercakap-cakap selama berjam-jam. Mereka membicarakan istri dan keluarga, rumah, pekerjaan, keterlibatan mereka di ketentaraan, dan tempat-tempat yang pernah mereka kunjungi selama liburan.

Setiap sore, ketika pria yang tempat tidurnya berada dekat jendela di perbolehkan untuk duduk, ia menceritakan tentang apa yang terlihat di luar jendela kepada rekan sekamarnya. Selama saru jam itulah, pria ke dua merasa begitu senang dan bergairah membayangkan betapa luas dan indahnya semua kegiatan dan warna-warna indah yang ada di luar sana.

“Di luar jendela, tampak sebuah teman dengan kolam yang indah, itik dan angsa berenang-renang cantik, sedangkan anak-anak bermain dengan perahu-perahu mainan. Beberapa pasangan berjalan bergandengan di tengah taman yang dipenuhi dengan berbagai macam bunga berwarnakan pelangi. Sebuah pohon tua besar menghiasi taman itu. Jauh di atas sana terlihat kaki langit kota yang mempesona. Suatu senja yang indah.”

Pria pertama itu menceritakan keadaan di luar jendela dengan detil, sedangkan pria yang lain berbaring memejamkan mata membayangkan semua keindahan pemangdangan itu. Perasaannya menjadi lebih tenang, dalam menjalani kesehariannya di rumah sakit itu. Semangat hidupnya menjadi lebih kuat, percaya dirinya bertambah.

Pada suatu sore yang lain, pria yang duduk di dekat jendela menceritakan tentang parade karnaval yang sedang melintas.Meski pria yang ke dua tidak dapat mendengar suara parade itu, namun ia dapat melihatnya melalui pandangan mata pria yang pertama yang menggambarkan semua itu dengan kata-kata yang indah.

Begitulah seterusnya, dari hari ke hari, satu minggu pun berlalu.

Suatu pagi,perawat datang membawa sebaskom air hangat untuk mandi. Ia mendapati ternyata pria yang berbaring di dekat jendela itu telah meninggal dunia dengan tenang dalam tidurnya. Perawat itu menjadi sedih lalu memanggil perawar lain untuk memindahkannya ke ruang jenazah. Kemudian pria yang kedua ini meminta pada perawat agar ia bisa dipindahkan ke tempat tidur di dekat jendela itu. Perawat itu menuruti semua kemauannya dengan senang hati dan mempersiapkan segala sesuatunya. Ketika semuanya selesai, ia meninggalkan pria tadi seorang diri dalam kamar.

Dengan perlahan dan kesakitan, pria ini memaksakan dirinya untuk bangun. Ia ingin sekali melihat keindahan di dunia luat melalui jendela itu. betapa senangnya, akhirnya ia bisa melihat sendiri dan menikmati semua keindahan itu. Hatinya tegang, perlahan ia menjengukkan kepalanya ke jendela di samping tempat tidurnya. Apa yang dilihatnya? Ternyata, jendela itu menghadap ke sebuah TEMBOK KOSONG !!!

Ia berseru memanggil perawat dan menanyakan apa yang membuat teman pria yang sudah wafat tadi bercerita seolah-olah melihat semua pemandangan yang luar biasa indah di balik jendela itu. Perawat itu menjawab bahwa sesungguhnya pria tadi adalah seorang yang buta bahkan tidak bisa melihat tembok sekalipun.

“Barangkali ia ingin memberimu semangat hidup” Kata perawat itu.

Renungan :
Kita percaya, setiap kata selalu bermakna bagi setiap orang yang mendengarnya. Setiap kata, adalah layaknya pemicu yang mampu menelisik sisi terdalam hati manusia, dan membuat kita melakukan sesuatu. Kata-kata, akan selalu memacu dan memicu kita untuk berpikir, dan bertindak.

Kita percaya, dalam kata-kata, tersimpan kekuatan yang sangat kuat. dan kita telah sama-sama melihatnya dalam cerita tadi. Kekuatan kata-kata, akan selalu hadir pada kita yang percaya.

Kita percaya, kata-kata yang santun, sopan, penuh dengan motivasi, bernilai dukungan, memberikan kontribusi positif dalam seetiap langkah manusia. Ucapan-ucapan yang bersemangat, tutur kata kata yang membangun, selalu menghadirkan sisi terbaik dalam hidup kita. Ada hal-hal yang mempesona saat kita mampu memberikan kebahagiaan kepada orang lain. menyampaikan keburukan sebanding dengan setengah kemuraman, namun. Menyampaikan kebahagiaan akan melipatgandakan kebahagiaan itu sendiri.

Iklan

24 Responses to Jendela Rumah Sakit

  1. H.A.Muktamirin Nur, M.Pd berkata:

    YTH. Saudara-saudara dimana saja
    Mohon bantuan saudara-saudara untuk memncarikan alamat-alamat organisasi / yayasan / LSM / Instansi pemerintah / orang-orang kaya yang Dermawan, yang mau membantu menyelesaikan Pembangunan Asrama Panti Asuhan Darun Najihin Berlantai Tiga, dalam bentuk amal / Hibah yang tidak mengikat. sebelumnya kami ucapin trima kasih
    hubungi kami ke ;alamat : Jl.Datok Daud Bagik Nyala Rt.6 Desa Gunung Rajak Kec. Sakra Barat Kab.Lombok Timur.NTB. HP. 081 75708172
    Salurkan bantuan Zakat,infaq, shodaqoh dan Hibah Saudara ke:
    – Bank Syariah Mandiri (BSM) Rek: 1570055213, an.M.NUR QQ PA DARUNNAJIHIN
    – BNI Cab. Selong Rek: 0041426189, an.MUKTAMIRIN NUR/ PA DARUNNAJIHIN
    – BRI Cab.Selong Rek: 0157.01.028541.50.8, an. PANTI ASUHAN DARUNNAJIHIN
    – E-BATARAPOS CABANG : KP. SELONG 83600. Rek: 11245-01-57-000416-7, an. MUKTAMIRIN PA DARUNNAJIHIN atau bantuan apa saja baik barang ataupun uang.
    Bagi yang sudah transfer, kami mohon keikhlasannya untuk memberikan konfirmasi ke Kosi via SMS di nomor : 081 757 081 72 atau dengan menuliskan : amal / hibah /shodaqoh, Nama Bank dan Jumlahnya.

  2. wanto berkata:

    aku sangat suka akan cerita tersebut bermakna akan kehidupan yang selalu diberikan kehidupan

  3. saras berkata:

    crita ni sngat bagus&menyentuh krn u/ membangkitkan smangat&positif dlm diri dibutuhkn kata2 yg baik&bijaksana…

  4. rajs anturi berkata:

    cerita tersebut sangat membuka hati dan pikiran kita… Smoga kebahagiaan selalu dilimpakan pada kita semua.amin

  5. honey berkata:

    M’brikan kbhagiaan pd orang lain m’buat hdup qt lbh b’nilai mskpn cm lwt kata2

  6. Utik berkata:

    Keren…

  7. edoardo berkata:

    ceritanya bagus banget,memotivasi untuk hidup agar berguna bagi sesama

  8. winer berkata:

    awesome. I like it..

  9. aika berkata:

    good story.. sebuah kata-kata positif memang luar biasa hebat

  10. diyaz berkata:

    dorongan atau motivasi yang bisa membangkitkan semangat kita untuk melakukan sesuatu yang lebih berguna dan lebih bermakna

  11. Good berkata:

    Senantiasa berbagi dan berguna bagi sesama.., semoga kt smua di muliakan Allah senantiasa dimanapun kt berada..

  12. Putra berkata:

    cerita di atas sangat berkesan buat aku,,,

    ””berbahagialah mereka yg tdk melihat namun percaya…

  13. pernaqperniq berkata:

    ijin copas yah
    very good story 🙂

  14. vibriani berkata:

    kerennnnnnn,,,
    tapi aku blum sanggu kyk gtu.

  15. lo berkata:

    ijin share lagi ya?? makasi 🙂

  16. Vic berkata:

    Ijin Copas juga ya.. mau gw bagiin ke teman2… thks.. 🙂

  17. tariz berkata:

    2 jempol gan buat cerita ini,,, keren

  18. david pinandito berkata:

    ceritax membuat orang tersentuh…………

  19. tjokop berkata:

    gak nyangka….

  20. Satria berkata:

    baguuusss sekali kk,izin copas boleh???

  21. nana berkata:

    kerennn dah

  22. Mishidup berkata:

    Cara kita memandang sesuatu dalam hidup ini, bisa memberikan makna bagi orang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: