Arti Kesetiaan


Arti Kesetiaan

Kisah nyata yang bagus sekali untuk contoh kita semua yang saya dapat dari millis sebelah (kisah ini pernah ditayangkan di MetroTV). Semoga kita dapat mengambil pelajaran.

Ini cerita nyata, beliau adalah Bp. Eko Pratomo Suyatno, Direktur Fortis Asset Management yg sangat terkenal di kalangan Pasar Modal dan Investment, beliau juga sangat sukses dlm memajukan industri Reksadana di Indonesia. Apa yg diutarakan beliau adalah sangat benar sekali. Silakan baca dan dihayati.

————————————————————————————————–

Dilihat dari usianya beliau sudah tidak muda lagi, usia yg sudah senja bahkan sudah mendekati malam, Pak Suyatno 58 tahun kesehariannya diisi dengan merawat istrinya yang sakit istrinya juga sudah tua.Mereka menikah sudah lebih 32 tahun. Mereka dikarunia 4 orang anak.

Disinilah awal cobaan menerpa, setelah istrinya melahirkan anak keempat tiba-tiba kakinya lumpuh dan tidak bisa digerakkan. Itu terjadi selama 2 tahun. Menginjak tahun ke tiga, seluruh tubuhnya menjadi lemah bahkan terasa tidak bertulang, lidahnyapun sudah tidak bisa digerakkan lagi.

Setiap hari pak suyatno memandikan, membersihkan kotoran, menyuapi, dan mengangkat istrinya keatas tempat tidur. Sebelum berangkat kerja, dia letakkan istrinya didepan TV supaya istrinya tidak merasa kesepian. Walau istrinya tidak dapat bicara tapi dia selalu melihat istrinya tersenyum.

Untunglah tempat usaha pak suyatno tidak begitu jauh dari rumahnya sehingga siang hari dia pulang untuk menyuapi istrinya makan siang. Sorenya dia pulang memandikan istrinya, mengganti pakaian dan selepas waktu maghrib dia temani istrinya nonton televisi sambil menceritakan apa2 saja yg dia alami seharian. Walaupun istrinya hanya bisa memandang tapi tidak bisa menanggapi, Pak Suyatno sudah cukup senang, bahkan dia selalu menggoda istrinya setiap berangkat tidur.

Rutinitas ini dilakukan Pak Suyatno lebih kurang 25 tahun, dengan sabar dia merawat istrinya bahkan sambil membesarkan ke 4 buah hati mereka, sekarang anak2 mereka sudah dewasa, tinggal si bungsu yg masih kuliah.

Pada suatu hari, ke empat anak suyatno berkumpul dirumah orang tua mereka sambil menjenguk ibunya. Karena setelah anak mereka menikah, sudah tinggal dengan keluarga masing-masing dan Pak Suyatno memutuskan ibu mereka dia yang merawat, yang dia inginkan hanya satu semua anaknya berhasil.

Dengan kalimat yang cukup hati-hati anak yg sulung berkata “Pak kami ingin sekali merawat ibu, semenjak kami kecil melihat bapak merawat ibu, tidak ada sedikitpun keluhan keluar dari bibir bapak, bahkan bapak tidak ijinkan kami menjaga ibu”.

Dengan air mata berlinang anak itu melanjutkan kata-kata: “sudah yang keempat kalinya kami mengijinkan bapak menikah lagi, kami rasa ibupun akan mengijinkannya, kapan bapak menikmati masa tua bapak, dengan berkorban seperti ini kami sudah tidak tega melihat bapak. Kami janji kami akan merawat ibu sebaik-baik secara bergantian”.

Pak Suyatno menjawab hal yg sama sekali tidak diduga anak-anaknya: “Anak-anakku… Jikalau perkawinan & hidup di dunia ini hanya untuk nafsu, mungkin bapak akan menikah.. tapi ketahuilah dengan adanya ibu kalian disampingku itu sudah lebih dari cukup, dia telah melahirkan kalian. Sejenak kerongkongannya tersekat, kalian yg selalu kurindukan hadir didunia ini dengan penuh cinta yg tidak satupun dapat dihargai dengan apapun.”

“Coba kalian tanya ibumu apakah dia menginginkan keadaannya seperti ini? Kalian menginginkan bapak bahagia, apakah bathin bapak bisa bahagia meninggalkan ibumu dengan keadaanya sekarang, kalian menginginkan bapak yang masih diberi Tuhan kesehatan dirawat oleh orang lain? Bagaimana dengan ibumu yg masih sakit.”

Sejenak meledaklah tangis anak-anak pak suyatno. Merekapun melihat butiran-butiran kecil jatuh dipelupuk mata ibu Suyatno. Dengan pilu ditatapnya mata suami yg sangat dicintainya itu.

Sampailah akhirnya Pak Suyatno diundang oleh salah satu stasiun TV swasta untuk menjadi nara sumber dan merekapun mengajukan pertanyaan kepada Suyatno, kenapa mampu bertahan selama 25 tahun merawat Istrinya yang sudah tidak bisa apa-apa.

Disaat itulah meledak tangis beliau dengan tamu yang hadir di studio, kebanyakan kaum perempuanpun tidak sanggup menahan haru. Disitulah Pak Suyatno bercerita..” Jika manusia didunia ini mengagungkan sebuah cinta dalam perkawinannya, tetapi tidak mau memberi (memberi waktu, tenaga, pikiran, perhatian) itu adalah kesia-siaan”.

“Saya memilih istri saya menjadi pendamping hidup saya, dan sewaktu dia sehat diapun dengan sabar merawat saya, mencintai saya dengan hati dan bathinnya bukan dengan mata, dan dia memberi saya 4 orang anak yg lucu-lucu. Sekarang dia sakit karena berkorban untuk cinta kita bersama. Dan itu merupakan ujian bagi saya, apakah saya dapat memegang komitmen untuk mencintainya apa adanya. Sehatpun belum tentu saya mencari penggantinya apalagi dia sakit…”

Hidup adalah Perjuangan tanpa henti-henti, tidak usah kau tangisi hari kemarin.

Tentang iklan-iklan ini

151 Balasan ke Arti Kesetiaan

  1. atik mengatakan:

    Subhanallah…

  2. lina mengatakan:

    OMG ni crita mengharukan bgt sih

  3. aida mengatakan:

    kerrrreeeeeeeeeeeeeeeeennn..

  4. dennis mengatakan:

    subhanallah . . .

  5. d.werina mengatakan:

    Alhamdulillah…masih ada cinta dan kasih yang begitu indah seperti ini..

  6. nana mengatakan:

    subhanallah, smg bapak mendapatkan pahala yg luar biasa dr Allah swt atas
    ketulusannya..amiieeenn

  7. yesi rukmana mengatakan:

    ampun cerita nich membuat q menitihkan air mata….. sampai aku berfikir knp ayah ku begitu cepat meningalkan mama ku padalah mamaku mash sehat cantik….

    pengen suami kanyak pak suyatno

  8. rijal mengatakan:

    crita yang menyentuh hati.

  9. h1lm4n mengatakan:

    ceritanya menyentuh hati..!! setia forever.

  10. Patris tae mengatakan:

    waoww……

    sedikit prtanyaaan…
    akankah para pembaca tulisan ini dapat meniru perbuatan2 baik pak suyanto….?

    patris TAe

  11. erlan coverfile mengatakan:

    4 jempol deh bwt pak suyatno.. hik..hik..hik..

  12. siswo arsono mengatakan:

    subahanallah………msh da setia di dunia ini…

  13. arief mengatakan:

    y allah..
    pngen aQ bs bhagia smpe kakek nenek dgn istriQ kelak..

  14. Dzaky mengatakan:

    izin compas ya
    buat ngasih motivasi buat rekan2 saya :D

  15. hapip mengatakan:

    itulah arti sebuah kesetiaan

  16. azam mengatakan:

    Subhanallah… keren banget bro…. jadi terharu aku berlinang air mata… ya Allah berikanlah keselamatan & kebahagiaan kepadanya

  17. philipz mengatakan:

    izin sedot ya…
    buat bagi ilmu aja….

  18. tony mengatakan:

    ijin copas y ? mw jadikan bahan presentasi untuk memotivasi teman n sahabat saya. thank you.
    GOOD STORY……… I LIKE IT. ^_^

  19. udira mengatakan:

    Ternyata pak suyatno sudah punya istri simpanan yang masih muda belia alias abg, sehingga dia malu untuk memperkenalkannya ke anak anaknya. Wkwkwkwkwkwkwk dunia ini panggung sandiwara.

  20. bejono777 mengatakan:

    ikutan ahhh biar + semangat

  21. rachmatarianto mengatakan:

    Berlinang air mata ketika membaca kisah ini, karena hal tersebut pernah dialami oleh ayah saya. Hingga beliau kehilangan istrinya untuk selamanya dalam pangkuannya sendiri.

  22. rachmatarianto mengatakan:

    Sungguh ga kuat buat nahan air mata
    Kisahnya hampir sama dengan ayah saya

    Sayangnya ayah saya merasakan kehilangan ibu saya yang sesungguhnya.

    Kisahnya sangat memotivasi saya.
    Terimakasih.

  23. Dienilmi mengatakan:

    indah bangeeeett kisahnya……..
    masih ada ya orang yang setia banget tanpa mikirin nafsu… :'(

  24. Dewi Suriani mengatakan:

    ya ALLAH jadikan lah semua pria didunia ini seperti pak suyatno…kesetiaannya benar2 tak terhitung mulianya…berikanlah kelak nanti aku pendamping yang setia seperti itu …amin

  25. ngabei mengatakan:

    jempol dan salut buat bapak

  26. rovikbens88 mengatakan:

    Sungguh terharu bangat…

  27. riza mengatakan:

    … sangat menyentuh,…sangat inspiratif…

  28. Rahmawati mengatakan:

    wowWWwww… Sungguh mulia Hati Pa SuyatNo… Mudah2 Bisa menginspirasi Kaum Pria lAinnya…

  29. waw…. amazing, pengen deh bisa kayak pak Suyatno :)
    amin

  30. nila mengatakan:

    so sweet yaaa

  31. retno mengatakan:

    ya Allah…..betapa mulianya hati bpk Suyanto,semoga Allah mengkaruniakan pahala yang melimpah…..semoga saja saya bisa menerima apa saja yang Allah takdirkan buat saya,dan semogalah juga bukan cobaan yang seberat itu…terimakasih bapak…

  32. anangs pahriyadi mengatakan:

    subhanallah…!

  33. kasimin mengatakan:

    the true love is only one that is our Gog

  34. kasimin mengatakan:

    yaa Ok i like it

  35. nurhendi hendi mengatakan:

    ok banget , terharu……………..

  36. qiws mengatakan:

    Ternyata masih ada orang sperti pa Suyato..
    jga terus komitmennya pA. ..sampai batin bpa merasa lelah..///

  37. fari mengatakan:

    indahnya cinta

  38. Hendry Cheung mengatakan:

    Luar Biasaaa…..
    Mkin inilah arti mencintai kekurangan sbagai sbuah kesempurnaan, mka dri itu tidak akan ada kata perpisahan…..
    Smga kita bsa mnrapkan’y dlm khdpan msing2….

  39. yanthi septy mengatakan:

    Wah hebat sekali bapak itu mks.

  40. Henz Dmz mengatakan:

    Nih ” ARTI BERSAUDARA” !

    Disebuah desa yg subur, hiduplah 2 lelaki bersaudara.
    Sang kakak telah berkeluarga dgn 2 orang anak, sedangkan si adik masih melajang.
    Mereka menggarap satu lahan berdua dan ketika panen, hasilnya mereka bagi sama rata.
    Disuatu malam setelah panen, si adik duduk sendiri dan berfikir. “pembagian ini sungguh tidak adil, seharusnya kakakku lah yg mendapat bagian lebih banyak karena dia hidup dgn istri dan kedua anaknya.”
    Maka dimalam yg sunyi itu diam2 dia menggotong satu karung padi miliknya dan meletakkanya dilumbung padi milik kakaknya”.

    Ditempat yg lain, sang kakak juga sdg berfikir, “pembagian ini adil jika adikku mendapat bagian yg lebih bnyak, karena ia hidup sendiri, jika terjadi apa2 dgnnya tak ada yg mengurus, sedangkan aku ada anak dan istri yg kelak merawatku.”

    Maka sang kakakpun bergegas mengambil satu karung dari lumbungnya dan mengantarkan dgn diam2 ke lumbung milik sang adik.

    Kejadian ini terjadi bertahun-tahun. Dalam benak mereka ada tanda tanya, kenapa lumbung padi mereka seperti tak berkurang meski telah menguranginya setiap kali panen?

    Hingga disuatu malam yg lengang setelah panen, mereka berdua bertemu ditengah jalan. Masing2 mereka menggotong satu karung padi.
    Tanda tanya dalam benak mereka terjawab sudah, seketika mereka saling memeluk erat, mereka sungguh terharu menyadari betapa mereka saling menyayangi.

    Beginilah seharusnya kita bersaudara.
    Harta tidak menjadi pemicu permusuhan melainkan menjadi perekat yg teramat kuat diantara saudara.
    Allah telah menanamkan cinta pada hati mereka yg mau lelah memikirkan nasib saudara2 mereka.
    Allah tak akan membiarkan kita kekurangan jika kita selalu berusaha mencukupi kehidupan orang lain.
    Allah tak akan menyusahkan kita yg selalu berusaha membahagiakn orang lain.

  41. Manan Sembakung mengatakan:

    Subhanallah
    sungguh luar biasa

  42. Manan Sembakung mengatakan:

    Subhanallah
    sangat indah

  43. sinaga mengatakan:

    One in the billion, great expirience of life.

  44. someone mengatakan:

    subhanallah, ya Allah mdh2an sy bsa meneladani ini,..

  45. Verasuprita mengatakan:

    Good,,

  46. muntasir mengatakan:

    arti cinta yang sesungguhnya,,,,,,,,,,

  47. nurdin helmi mengatakan:

    Subhanallah….sangat menyentuh hati…sy ingin menjadi suami yang seperti P. Suyatno. Terima kasih Pak atas motivasinya. Sungguh luar biasa…

  48. Abdul Latif mengatakan:

    Subahanalloh….. semoga ketika ku punya istri, saya mmiliki cinta n kesetiaan seperti itu…..

  49. farid afandi mengatakan:

    terima kasih .. cerita anda telah menggugah hati

  50. Sony Sudarsono mengatakan:

    Berumah tangga itu komitmen, harus menerima istri-suami dalam suka dan duka, untung dan malang, demikian seperti yang diucapkan dalam janji perkawinan,…..harus ditiru komitmen bpk. suyatno…..cerita itu bagus.

  51. yosef eko susanto mengatakan:

    beliau seseorang yg sngt luar biasa..menjadi pelajaren bagi kami..

  52. linshe mengatakan:

    subhanalloh…Allah Maha Besar…kesetiaan yg patut diirikan..(arti positif) supaya semua bisa belajar…amin…

  53. Michael Yosi Jolanda mengatakan:

    Wktu tdak bisa d ajak kompromi,enah kta menjalankan yg dgan menyenangkan atw tidak,Dia trus berjalan.
    Sya punya filosofi yg sya pegang erat
    “Hidup itu sederhana, jika saya memutuskan sesuatu, sya tidak akan menyesalinya dikemudian hari”
    Yg ingin saya tnyakan adalah
    Bagaimana menjaga suatu komitem trhadap suatu keputusan pak
    Tq.

  54. alan ogista mengatakan:

    Sedih memang sedih dan mampu menguras air mata pembacanya..cma yang tdk aku mengerti bagaimana seorang laki2 melawan fitrahnya sebagai manusia. Yang mana hal ini tdaklah menyalahi aturan agama terkeciali kalo memang fitrahnya begitu..lain ceritanya hanya dia tdk ungkapkan dalam kisahnya..yang jadipermasalahan adalah ketika ada orang yang mau berbuat hal yang sama sementara kisahnya berbeda apa yang di alami nya

  55. ira mengatakan:

    sungguh luar biasa cinta dan kesetiaan bpk suyatno.

  56. Arif mengatakan:

    Subhanallah…
    semoga bermanfaat…
    ijin share pak…

  57. samy fadly pratama mengatakan:

    Itu namanya cinta sejati…….
    Sumpah janji waktu ijabqobul di pegang teguh
    Mudah2 an saya bisa mencontohnya amin

    • samy fadly pratama mengatakan:

      Itu namanya cinta sejati….
      ketika kita berucap sumpah janji disaat ijab qobul
      kita pegang terus sampai mati………..
      Mudah2an saya bisa seperti beliau.amin

  58. lessy afriany mengatakan:

    sungguh kesetiaan yg penuh pengorbanan dan keikhsan,,hanya ada 1 laki laki yg bs melakukannya,,yaitu bpk…patut untuk dicontoh..sy sgt terharu dgn keadaan yg diceritakan smpai meneteskan air mata.

  59. lessy afriany mengatakan:

    sungguh bsar cinta dan kstian..

  60. imand mengatakan:

    subhanallah, good story!!
    luar biasaa,,,,,

  61. Kamal mengatakan:

    subhanallah, Izin share, pak

  62. Kamal mengatakan:

    Subhanallah.. Izin share,pak..

  63. Budi Widyatmono mengatakan:

    tak bisa diungkapkan dengan kata kata……….amin

  64. nana mulyana mengatakan:

    mengharukan, gan

  65. yl mengatakan:

    Arti KESETIAAN??? cb temukan jg artinya dr film “HACHIKO”, diangkat dr kisah nyata dr Negeri Sakura, kisah seekor anjing yg setia menunggu majikannya di Stasiun Shibuya, Tokyo, Jepang, selama 10 tahun meskipun majikannya sdh lama meninggal..

  66. noviana ulfa cliquers mengatakan:

    Subhanallah bgtu mulia nya hati bapak tsb,, Ɣªªǎǎ اَللّهُ izin kan hamba merasakan kasih sayank yg seperti itu baik dari ayah mau pun pendamping qu klak,,,, ~°~Ƌ♍ȋ̊η~°~O:)~°~Ƌ♍ȋ̊η~°~

  67. herwin mengatakan:

    top ceritanya,,jadi smangat jaga ibuku yg lumpuh skrg…love u mom….

    • Marsianus mengatakan:

      keep spirit Herwin,, aq ikut mendoakan ibunda semoga di beri rahmat kesembuhan agar kembali bersukacita sprti sdia kala dalam keluarga,,

  68. Roiezt mengatakan:

    Apa yang Muda Mau kalah sama yang tua?

  69. davis mengatakan:

    sangat menyentuh… semoga saya bisa melewati.wlpn mungkin tak setegar pak eko pratomo.sedikit menambahkan kebahagiaan memang masalah hati bkan penampilan…

  70. iin mengatakan:

    cinta yang teruji mahal sekali harganya. Ruar biasa

  71. N'dank mengatakan:

    So sweet…

  72. roppie mengatakan:

    perjuangan gan!!!

  73. didit ya mengatakan:

    sungguh aku ingin menjadi lelaki seprti bpk

  74. Evi mengatakan:

    Cerita yang sangat mengharukan. Semoga kita bisa ambil manfaat untuk hidup sendiri..

  75. hudajani sidik mengatakan:

    Subhanalloh Indah sekali mengharukan. membahagiakan punya suAmi seperti beliau ini

  76. putri mengatakan:

    Ini kali ke 7 aq baca cerita ini, ternyata ada cinta seperti..jd u yg doyan poligami…kaya’x niatx bkn ibadah dan cinta deh! Tp nafsu

  77. Siti netti mengatakan:

    Salut liat pak suyatno spt itu, moga suami q jg spt itu

  78. Eeng mengatakan:

    Cinta kasih sayang pak suyatno kepada istrinya sungguh luar biasa dia mencintai karena allah dan cintanya juga bukan karena nafsunya tapi karena dia benar2 menyayangi istrinya, semoga apa yang dilakukan oleh pak suyatno menjadi inspirasi bagi kita bagaimana mencintai pasangan kita. Belajarlah mencintai karena allah bukan karena nafsu..

  79. Qubil mengatakan:

    Langka, smoga dprtmukan kembali di surga-Nya kelak

  80. azhar mengatakan:

    semuanya hidup memang pasti ada manis pahitnya,tapi disaat pahit itulah kesempatan kita untuk menggali semua yang di berikan pencipta.semangat terus bapak insya alloh semuanya akan dapat balasan dari sang kuasa jagat raya ini amin :)

  81. Tommy pratama mengatakan:

    Apakah saya mampu menjadi beliau..?

  82. fikri urangsunda mengatakan:

    Hampir sama ceritanya sama kisah yang brada dicina. Tpi saya suka sekali

  83. rizal mengatakan:

    Subahannalloh……
    Bener bgt Rasululloh juga termasuk orang yg setia dgn khotijah, karena beliau tdk pernah menikah lagi selama istri pertamanya (khotijah) masi hidup. setelah khotijah meninggal lalu beliau menikah dgn aisyah dari situ lah baru beliau menikah dgn wanita lain.

  84. faizrizki mengatakan:

    Subhanallah….
    Kesetiaan yg sangat luar biasa,,,

  85. Itha mengatakan:

    That’s True Love..

  86. Ila Afnie's mengatakan:

    ya Allah, (terharu…)
    Smga istri bpk lekas diberikan ksembuhan… Aamiin
    Allahu ma’ana…

  87. AsQah SatHa mengatakan:

    Wowww…. Bener 2 Pak Suyatno adalah seorang suami yang bijak dan patut tuk dijadiin contoh teladan menghargai perempuan/seorang istri…

    I Like it… tuntunlah kami ya Allah, untuk bisa mencontohi beliau dalam kehidupan berumah tangga dan ingatkan kami ketika kami khilaf sebagai seorang anak….

  88. choky mengatakan:

    gila aku jadi nangis terharu..
    Saluuuuttt.. semoga aku juga begitu..

  89. masih adakah kahh cinta seperti itu di jaman sekrng.????

    atau 1 : 1000

    =_= “

  90. gigi mengatakan:

    anda benar-benar pria dahsyat pak suyatno….JEMPOL dah

  91. fadly mengatakan:

    Subhanawlah..

  92. semua orang bisa sukses mengatakan:

    apapun yang terjadi kita sudah seharusnya setia, kepada pasangan kita… karna itu salah satu jalan menuju ke tentraman hidup…

  93. cerdas mengatakan:

    moga sifat yg terpuji seperti itu bisa menular pada qt semua dan memberi inspirasi.aminnn.

  94. yosafat marbun mengatakan:

    Sangat pantas untuk di teladani

  95. purbajo mengatakan:

    terharu hati ku lhat pak suyatno

  96. ardi pratama mengatakan:

    kalo cinta begitu hangat , maka tidak akan ada kcewa

  97. Husyna Labudu mengatakan:

    MasyaALlah,subHanawLoh…terHaru skLi mendengar kisah ini begitu muLia&sucinya CINTA Laki2 sprti pak suyatno bersyukurLah wanita yg jdi istrix….knp? Bukan sy y…yg jdi istrix hmm…andaikn sy dLux Lhir seumuran pak suyatno…mungkn sy yg jdi istrix..hehehe

  98. fauziah mengatakan:

    seperti suamiku,,,

  99. imus mengatakan:

    subhanallah….
    ingin seperti itu,
    bisakah ya diriku

  100. rohman mengatakan:

    waw sungguh mengharukan
    thanks sudah berbagi

  101. ami mengatakan:

    mebuat butiran air mata…..berlinang….benar-benar setia….

  102. linus kendek mengatakan:

    cinta sjti mng indh….

  103. Khoir mengatakan:

    Subhanallah walhamdulillah walaillahaillallah huallah huakbar.
    Rumah tangga jika tidak di dasari dengan cinta, itu bukanlah rumah, tapi hanya sebuah bangunan.
    Namun jika didasari dengan cinta, itu adalah rumah yang di naungi dengan air mata kebahagiaan.

  104. luluk MF mengatakan:

    Subhaanalloh…maha suci alloh

  105. joe mengatakan:

    Coba aja kalo semua orang di dunia ini kaya pak suyatno.

  106. must Joe mengatakan:

    Inilah bukti kebenaran Allah …… saat syetan meragukan manusia sebagai khalifah ………. inilah kehebatan manusia di satu sisi

  107. andrianysa mengatakan:

    subhanallah…..smga bpk mndpt blzn drNya….smga pun suami q kelak jg mpunyai kstian sprti bpk.amin

  108. Ndha Shaeye mengatakan:

    subahanallah ,, masih ada yaa org seperti itu ,, salut bapak ,,

  109. susta mengatakan:

    air mataku berlinang setelah baca kisah ini,beliau hebat!

  110. mandor mengatakan:

    سُبْحَانَ اللّهُ
    ,Izin share ya Gan..

  111. Ade Syahda Alsaidah mengatakan:

    Subhanallah suami yang setia..

  112. deeanfairuz mengatakan:

    kesetiaan yg sangat langkah….p suyatno god luck.

  113. Echa'anakDesa ItuErma mengatakan:

    q ingn suami q kelak dapat mencotoh & mengambil hikmah dari kisah ini…

  114. Endro mengatakan:

    Itu baru arti “GENTLEMAN” yg ssngguhnya…
    Saluuttt…
    Smga beliau mndaptkn prlindungan dari Allah SWT, sbgmna bliau mnjga istri beliau…N smoga aq bisa mncntoh beliau….
    Amiinn..
    Salam “\m/” bwat Mr. Eko Pratomo Suyatno

  115. Rofi mengatakan:

    Subhanalloh,,,
    Jarang ada orang seperti itu,,,
    Ku sangat terharu

  116. theresia mindas mengatakan:

    luaarbiasa,..

  117. eunike mengatakan:

    Amin. i hope so :)

  118. Ardiansah123 mengatakan:

    Bagus bgt.:-)

  119. Andy Ajhis Ramadhan mengatakan:

    Cinta bukanlah sebuah nafsu ^_^ tetapi kesetiaan, pengorbanan & Kasih Sayang yang tulus.

  120. rey mengatakan:

    luar biasa pengorbanannya

  121. Muh Rafli mengatakan:

    Izin share kaka :D

  122. Jihan Mmpp mengatakan:

    sungguh luar bisaaaaaa inilah yang di namakan ksetiaan sehidup sematiii kapan q bisa dpt org kaya gitu :(

  123. Inspirasi Kesetiaan mengatakan:

    Gila ini cerita, mengharukan bangett. Nice Post gan..

  124. Novpra Windu mengatakan:

    luar biasa…….

  125. Yacob Leke mengatakan:

    Luar biasa

  126. fikrias mengatakan:

    izin copas,,semua org harus tau ini

  127. radinal mengatakan:

    Ini Baru PRIA…. !!!

  128. adul mengatakan:

    Barang langka,barang antik,

  129. gnt fiber mengatakan:

    laki bukan jniwa pengecut hahaha
    mantap gan artikel nya

  130. asep mengatakan:

    ijin copas

  131. fadat devano beck mengatakan:

    kesetian cinta dunia dan akhira.,.,

  132. koko mengatakan:

    minta ijin share

  133. saurisupyan@gmail.com mengatakan:

    mantap bgt deh pa suyatno

  134. novi mengatakan:

    Subhanallah…
    ijin share gan…

  135. Ato mengatakan:

    Wow…hebat dn g nyangka mash ada orang seperti it…

  136. Ato mengatakan:

    Kereeee,dn sangat m’harukan…smg bbnyak dri kaum adam yg b’sifat begitu…subhanAllah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50.072 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: