Kisah Seorang Ibu dan Anak


Ibuku hanya memiliki satu mata. Aku membencinya, ia adalah sebuah hal yang memalukan. Ibuku menjalankan sebuah toko kecil pada sebuah pasar.

Dia mengumpulkan barang-barang bekas dan sejenisnya untuk dijual, apapun untuk mendapatkan uang yang kami butuhkan. Ia adalah sebuah hal yang memalukan.

Pada suatu hari di sekolah. Aku ingat saat itu hari ketika ibuku datang. Aku sangat malu. Mengapa ia melakukan hal ini kepadaku? Aku melemparkan muka dengan rasa benci dan berlari. Keesokan harinya di sekolah.. “Ibumu hanya memiliki satu mata?” dan mereka semua mengejekku.

Aku berharap ibuku hilang dari dunia ini maka aku berkata kepada ibu aku,”Ibu, kenapa kamu tidak memiliki mata lainnya? Ibu hanya akan menjadi bahan tertawaan. Kenapa Ibu tidak mati saja?” Ibu tidak menjawab. Aku merasa sedikit buruk, tetapi pada waktu yang sama, rasanya sangat baik bahwa aku telah mengatakan apa yang telah ingin aku katakan selama ini.

Mungkin itu karena ibu tidak menghukum aku, tetapi aku tidak berpikir bahwa aku telah sangat melukai perasaannya.

Malam itu, Aku terbangun dan pergi ke dapur untuk mengambil segelas air. Ibuku menangis disana, dengan pelan, seakan ia takut bahwa ia akan membangunkanku. Aku melihatnya, dan pergi. Karena perkataanku sebelumnya kepadanya, ada sesuatu yang mencubit hati aku.

Meskipun begitu, Aku membenci ibuku yang menangis dari satu matanya. Jadi, Aku mengatakan diri ku jikalau aku akan tumbuh dewasa dan menjadi sukses, karena aku membenci ibu bermata-satu aku dan kemiskinan kami.

Lalu aku belajar dengan keras. aku meninggalkan ibu dan ke Seoul untuk belajar, dan diterima di Universitas Seoul dengan segala kepercayaan diri. Lalu, aku menikah. aku membeli rumah milikku sendiri. Lalu aku memiliki anak-anak juga. Sekarang, aku hidup bahagia sebagai seorang pria yang sukses. aku menyukainya disini karena ini adalah tempat yang tidak meningatkan aku akan ibu.

Kebahagiaan ini menjadi besar dan semakin besar, ketika seseorang tidak terduga menjumpai aku “Apa?! Siapa ini?”… Ini adalah ibu aku.. tetap dengan satu matanya. Ini rasanya seperti seluruh langit sedang jatuh ke diri aku. Anak perempuan aku lari kabur, takut akan mata ibu aku.

Dan aku bertanya kepadanya, “Siapa Anda? aku tidak mengenalmu!!” sandiwara aku. aku berteriak kepadanya “Mengapa engkau berani datang ke rumah aku dan menakuti anak aku! Pergi dari sini sekarang juga!”

Dan ibu dengan pelan menjawab, “Oh, maafkan aku. aku pasti salah alamat,” dan dia menghilang. Terima kasih Tuhan.. Ia tidak mengenali aku. aku merasa cukup lega. aku mengatakan kepada diri aku bahwa aku tidak akan peduli, atau berpikir tentang ini sepanjang sisa hidup aku.

Lalu ada perasaan lega datang kepada aku.. Suatu hari, sebuah surat mengenai reuni sekolah datang ke rumah aku. aku berbohong kepada istri aku mengatakan bahwa aku akan pergi perjalanan bisnis. Setelah reuni ini, aku pergi ke rumah lama aku.. karena rasa penasaran saja, aku menemukan ibu aku terjatuh di tanah yang dingin. Tetapi aku tidak meneteskan satu air mata sekalipun. Ia memiliki sepotong kertas di tangannya.. dan itu adalah surat untuk diri aku.

=================================================
Anakku,

Aku pikir hidupku sudah cukup lama saat ini. Dan.. aku tidak akan mengunjungi Seoul lagi.. tetapi apakah itu terlau banyak jikalau aku ingin kamu untuk datang menunjungiku sekali-kali nak? aku sangat merindukanmu. Dan aku sangat lega ketika mendengar kamu akan datang dalam reuni ini.

Tetapi aku memutuskan untuk tidak datang ke sekolah.. Untuk Kamu.. aku meminta maaf jikalau aku hanya memiliki satu mata dan aku hanya membawa kemaluan bagi dirimu.

Kamu tahu, ketika kamu masih sangat kecil, kamu terkena sebuah kecelakaan, dan kehilangan satu matamu. Sebagai seorang ibu, aku tidak tahan melihatmu harus tumbuh dengan hanya satu mata.. maka aku memberikanmu mata aku.. aku sangat bangga kepada anak aku yang melihat dunia yang baru untuk aku, menggantikan aku, dengan mata itu.

Aku tidak pernah marah kepadamu atas apapun yang kamu lakukan. Beberapa kali ketika kamu marah kepada aku. aku berpikir sendiri,”Ini karena kamu mencintai aku.” Aku rindu waktu ketika kamu masih sangat kecil dan berada di sekitarku.

Aku sangat merindukanmu. Aku mencintaimu. Kamu adalah duniaku.

About these ads

228 Balasan ke Kisah Seorang Ibu dan Anak

  1. blackjack mengatakan:

    anak durhaka,, sundalaa!!!

  2. anang suhanto mengatakan:

    Mantap

  3. Devi mengatakan:

    Love U Mam

  4. make me cry…miss u mom!

  5. putri (@PUMA_2806) mengatakan:

    love u mom,,,,love you so much,,,,,,,,,

  6. Abi mengatakan:

    Cintailah ibumu apa adanya … surga ada di telapak kaki ibu,

  7. Nia Asri mengatakan:

    Semoga jadi motivasi wat ank2 yg memandang sebelah mata terhadap orang tuanya… i like this

  8. argeleo verionzu mengatakan:

    ” ilike it ,,, thankxz by cinta seribu makna ,,,

  9. margono mengatakan:

    ibuu,,subhanalloh

  10. aduh parah lah ini ending-nya, ga kuat nahan air mata..

  11. Aulia Putri Adhniey mengatakan:

    mgp untuk mendapatkan alasan dan penjelasan tentang kebenaran harus membutuhkan waktu yang lama? mgp terkadang kita memutuskan untuk diam dan berharap suatu saat nanti dia akan mengetahui kebenaran itu sendiri???

  12. chabhelitha mengatakan:

    pengen nangisss…………hiks hiks hiks

  13. maiaa diellah mengatakan:

    anak gak tw diri
    seharusnya dy bersyukur msih punya ortu
    sebab orang tua segala galanya wat seorang anak….
    jangan sampai qita menyesal krn dah nyakitin mrk..

    mereka adalah 2 bidadari yg gak kan tergantikan> :)

  14. m.walid mengatakan:

    smoga anak moe itu insyaf ya buuu……

  15. aprizal mengatakan:

    sampai ngak trasa air mata q menetes… memang kasih sayang seorang ibu tiada habisnya… I LOVE Ibu….

  16. Yaya HiLya mengatakan:

    ikut share ya…

  17. Ferdi jo mengatakan:

    Walau segenap mahluk mengumpulkan hati di dunia untuk membandingkan isi dari hati seorang Ibu , maka tak akan perna ada menyamai ketulusanya..

  18. Zoel mengatakan:

    Subhanallah cerita yang sangat luar biasa…..
    jadi terharu… =(

  19. Violet Fernandes mengatakan:

    so sad…
    uhhh.. sya jdi rindu ibuku…

    I LOVE YOU MOM…

  20. gerrard mengatakan:

    Kurang ajar gk tau diuntung

  21. Anis mengatakan:

    ibu aku mencintai mu…………….

  22. Dinda mengatakan:

    memberi peringatan :)

  23. kumaha aing mengatakan:

    Termotivasi

  24. rara mengatakan:

    ending nya bikin crying nih… top deh! :)

  25. haura mengatakan:

    PENGEN NANGIS HUHUHUHUHUHUH

  26. Ciivta Hendra mengatakan:

    mati nyesel dah tuh anak kalau udh tau yg sebenarnya, mampus !!

  27. melvaria sirait mengatakan:

    penyesalan slalu datang terlambat. mudah2 an si anak durhaka menyesal dan bertobat

  28. nonny mengatakan:

    penyesalan slalu di akhir… huuhuhuuuhuu….

  29. Blog Oki Jo mengatakan:

    Walaupun aku mati, aku masih bisa melihat dunia ini dengan mataku yang kutitipkan kepadamu nak….

  30. meta yuliza mengatakan:

    Subhanallah,terbukti ksh ibu spnjg masa ksh ank spnjg jln.

  31. Resita mengatakan:

    aduh.. dalem banget,,pengorbanan ibu bagai intan mulia yang tak terbayar dengan harta..salut aku dengan pengorbanan seorang ibu.. love you mom

  32. Benny mengatakan:

    hargailh ssuatu ygtlah kmu miliki…

  33. Alberto mengatakan:

    nice story

  34. jack mengatakan:

    Inspiratif

  35. nalyka fajar akshall mengatakan:

    terharu bangeet euy..

  36. awai mengatakan:

    subhanallah…

  37. Djonotatto trezno shelook mengatakan:

    I like th!S. . .

  38. Fatra Tatah mengatakan:

    perjuangan seorang ibu untuk anak nya..memangkitkan motivasi ku..

  39. Akang Budi mengatakan:

    sungguh mulia perjuangan se orang ibu ke pada anaknya…!!!
    jadi terharu…!!!
    I LOVE YOU MOM,,,!!!

  40. ekky_bugo's (@ekyleo) mengatakan:

    jadi kangen sama ibu,,,
    i miss u mom,,, ku pengen meluk dirimu bu…..

  41. berlindahadi mengatakan:

    seringkali sbg anak, qt tdk mlihat pngorbanan org tua. Hny mau mnikmati apa yg ada tanpa mau tahu, btapa bnyk pngorbn yg sd dbuat.

  42. susi sartika wati marpaung mengatakan:

    ibu memang permata yang indah di hatiq
    tak akan terganti oleh apapun juga
    terima kasih Tuhan
    Engkau memberiku ibu yang penuh cinta dan kasih.

  43. mig aprila mengatakan:

    tuh anak hrs tobattttt yg bener-bener tobatttt, tobat nasuha, semoga allah mengampunimu….

  44. defble mengatakan:

    Ibu..Pengorbanan seorang Ibu…
    tidak ada yg bisa menandinginya…meski “kamu anak2nya sudah sukses dan kaya”seorang Ibu tidak pernah Menunjukan apa yg diinginkannya justru yg ada dia (ibu)terlihat bahagia jika anak2nya bahagia…..

    Oh Ibu….Tuhan apuni Dosa2 Ibuku selama hidupnya dan berikan tempat yg mulia disisimu…Lapangkan lah alam kuburnya…Aminn

  45. dwi mengatakan:

    amit2 dah.. .jgn smpe w ky gtu
    .

  46. emon mengatakan:

    entah kenapa ..
    setelah membaca ini,, saya sadar ,, apa yg kita lakukan itu tergantung keadaan ..
    coba anda bayangkan ,, kalau anda ada di posisi si anak ,,
    yg jelas2 tidak mengetahui kalau satu mata si ibu itu di berikan kepadanya ..

    sebagai pembaca ,, kita akan meng-judge si anak sebagai anak durhaka ..
    tp coba anda pikirkan sekali lagi ,, semua itu semata2 karna si anak tidak tw keadaan yg sebenarnya ..

    untuk kedepannya,, kita bisa mengambil inti dari cerita diatas ..
    semua yg terjadi saat ini adalah buah dari masa lalu ..
    kita tidak boleh terlalu sering melihat ke masa lalu, dan kita juga tidak boleh terlalu banyak bermimpi tentang masa depan kita ,, karna kita berada di masa sekarang …
    jalani saja hidup ini dengan baik sebagai mana mestinya ..

    • Cahh mengatakan:

      To emon.ini memang cerita , tp dibalik cerita ini trdpt mkna dan maksud, dangkal kali kau nihh, smpe bisa nulis kyk itu . ( km tau tong ksong nyaring bunyi nyaaa ,,, nahh itu KAMU ),ngerti.

  47. May mengatakan:

    Crita ini adlh sbuah pljran hdp wat kit semua agr lbh mnyayangi ibu dan mengghargai semua kekurangan yg di miliki ibu kita like this

  48. erika ristin mengatakan:

    Touching….I hope Allah bless you mother

  49. Dwiavianti mengatakan:

    Syangi ke-2 ortu kamu seburuk apapun mereka,terutama ibumu,,
    krena tnpa mereka kamu bukan siapa2,,,

  50. abhe mengatakan:

    ibu… kasih sayangmua takkan pernah terbalaskan..

  51. @rezawismail mengatakan:

    kisah yang tragis, bikin nangis.. tapi juga inspiratif, bikin ingat ibu dengan cintanya yg besar!
    monggo mampir di blog motivasi saya

  52. nardaniswari@yahoo.com mengatakan:

    subhanallah,ceritanya menyentuh banget

  53. rian ian mengatakan:

    ibuku dah pergi utk selamanya..
    mf ea ibu…
    mksh ceritanya, ijin q sharre agar tmen2 tau bgtu mulianya hati sang ibu.

  54. ubed mengatakan:

    “mak’e” (dg kata inilah aku mnyebut&mmanggilnya).q bhagia dg adanya dirimu sbg mak-ku(ibuku).apapun adanya dirimu….aku rela apapun yg terjadi pda diriku asal kmu bahagia dan ikhlas padaku sbg anakmu.mak’e..nyawaku kurelakan jk diminta jd penggantimu.mak’e…q ingin kita berkumpul di surga kelak jika dunia tlah diganti akherat.

  55. Panda mengatakan:

    Hmeh……. ada kesal terhadap anak nya ibu neh…tapi aku bangga membaca cerita ibu ini….. Luarrrrrr Biaaasaaaa…….. kamprettt aku laki2 ja nangisss membaca ini…… Hikz….hikzzz…hikzzz……

  56. ibu dan anak mengatakan:

    artikelnya menarik… terima kasih

  57. manchezz zack mengatakan:

    your the best mom,,,,

  58. mila dev mengatakan:

    subhanallah……sebuah cerita yg menyentuh…penggugah smgt u lbh peduli n sayang pd ibu.

  59. sabar mengatakan:

    Cerita Yang Sangat Bagus Luar Biasa….

    jadi Pelajaran lah Ini Buat Orang Yang Ngebaca cerita ini…..

  60. Faza Rousi mengatakan:

    Mengapa ada cerita yg seperti ini, sungguh mengerikan,,,,jika itu benar2 ada,,,,astaghfirulloh …

  61. keke mengatakan:

    ya allah smpai sgtx hingga au tk sgp tuk menahan air mta ini…au salut ibu bgt sbar n sllu menerima akn kekurangan ibuk dmi ankx,,,

    semoga ank ibuk cpt d bka kn pntw htix n sujud d telpak kaki ibu n meminta mf k ibu dgn tls,,

  62. Muhammad Tayyib mengatakan:

    Cerita yang sangat luar biasa.. Kasih sayaang yang tulus hanyalah milik Allah dan Ibu. ^_^

  63. azza mengatakan:

    seperti lagu bang rhoma irama “keramat” all for mom n all from mom,i love u mom

  64. muhammad makhrus mengatakan:

    diawal cerita, dalam hati aku setengah membenarkan tindakan anak, tapi di akhir cerita aku meneteskan air mata…Ya Tuhan ampuni aku, kasihilah ibuku, sebagaimana beliau mengasihiku sejak kecil. Amiiin

  65. ciay mengatakan:

    smoga stelah membaca ini,kita jd lbih brbakti pda orang tua kita,terutama ibu :)

  66. eka mengatakan:

    ibu engkau segalanya bagiku, semua cinta dan sayangku kucurahkan untukmu.. aku mohon doa dan bimbinganmu ibu semoga Allah SWT selalu melindungi kita semua Amin Yaa Rabbal Alamin.

  67. anto mengatakan:

    rasanya masih kurang kalau kita hanya bersujud di kakimu ibu dibandingkan pengorbananmu selama ini.

  68. alvianno mengatakan:

    ema jeung anak

  69. giminR mengatakan:

    kasih seorang ibu tk ter bts. kisah ini membuat air mta ini ku mengalir

  70. eghy mengatakan:

    ibu = hidupku

  71. july mengatakan:

    mengasihi orang lain tidak perlu syarat. seandainya ibu anak ini jujur dari awal tentan apa yang terjadi, mungkin anak ini tidak akan membeci ibu ini. tapi, haruskah dengan syarat jujur dan rasa bersalah lalu kita akan mengasihi orang lain..

    kasih tanpa syarat….

  72. gan ane ampe pengan nagis gan ,,,
    sedih bgt ….

  73. firman mengatakan:

    Cah koplo

  74. maghfur mengatakan:

    ya allah

  75. nasep saepul mengatakan:

    jangan macam-macam sama kasih sayang seorang ibu

  76. taqim mengatakan:

    jo ngono nak

  77. restu says mengatakan:

    subahanallah cerita yang sangat menggugah hati, cerita yang di atas menggambarkan agar kita lebih menghargai pengorbanan seorang ibu terhadap anaknya

  78. angga restu fauzi mengatakan:

    mari sama2 kita memberikan sebuah penghargaan untuk ibu kita karena telah berjasa melahirkan merawat dan mendidik kita

  79. ofhan mengatakan:

    langsung berkaca-kaca ini mata
    cerita kecil yang bermakna besar
    Subhanallah

  80. Pha Ez mengatakan:

    i love u mom…………………

  81. onya mengatakan:

    love u mom…..
    aq kngen ibu..

  82. endah mengatakan:

    pengen nangis,,,,,,hikss,,aq sayang ibu

  83. fithri rasyidah mengatakan:

    Kasih Ibu memang sepanjang masa
    Luv u momm..

  84. willy mengatakan:

    Luarbiasa hati seorang ibu, cintanya menembus langit. namun ternyata ia tidak bebankan ke anaknya. Love u my mom..RIP. have a nice place.

  85. ramli mengatakan:

    Kuacungi jempol untuk ceritanya. Kasihmu Ibu, sungguh tak tertara

  86. Habibi Andromeda mengatakan:

    crita yang menginspirasiku.. trimakasih ya Allah. trimakasih ibu… yang telah membuatku bisa melihat dunia dengan seindah ini…

  87. Alfendri R.Bachtiar mengatakan:

    malin kundang bermata satu….

  88. mig aprila mengatakan:

    ingat surga di telapak kaki ibu, perintah ibu adalah wajid selama tidak menyuruh munkar..

  89. suci widyaningsih mengatakan:

    dasar anak nggak tau diri udah bagus2 punya ortu.
    kalo ortunya udah meninggal semua baru tau rasa.

  90. vidya adhyaningrum mengatakan:

    widiiihhh….. ceritanya emang mengharukan bikin aku tambah sayang aja ma ortu q… ha..ha..ha..

  91. suci widyaningsih mengatakan:

    dasar anak nggak tau diri,nggak tau diuntung
    udah bagus2 masih punya ibu,
    kalo ibunya udah meninggal pasti dia nangis2 deh.

  92. Irda Poethry mengatakan:

    Subhanallah,,,
    pengorbananmu ibu…
    LOVE U SO MUCH…

  93. zwie mengatakan:

    menyentuh bro..

  94. Amelia Thoeng mengatakan:

    Sungguh cerita yg sngt mengharukan…
    “Terkadang kata2 yg kita ucapkan itu benar tetapi bg org lain itu blm tentu benar…
    Jd berpikirlah sblm berbicara…”

  95. sugeng hariyadi mengatakan:

    menyayat nyayat hati, semoga bermanfaat

  96. dedi mengatakan:

    aku cinta ibu

  97. Mulyanto mengatakan:

    sesuatu tidak selalu terlihat sebagaimana adanya

  98. thamrin mengatakan:

    i love u mom

  99. jelly gamat luxor mengatakan:

    waw sungguh sadis sekali kau menjadi anak., karena kau sudah membuat ibumu kecewa.. seperti sangkuriang saja kau..

  100. mitha mengatakan:

    aq bc critanya aja ud bkin nangis,,, pa lg kalu lihat filmnya misal…

  101. Diajenk mengatakan:

    Na’udzubillahi min dzalik…
    smoga anakq kelak tak seperti anda. sy dah tak punya Ibu berharap bisa membalas jasanya tp anda mlh menyia nyiakan ibunda… smg Allah mengampuni dosa anda.wallahu a’lam bisauwab..

  102. dhida aidha triono mengatakan:

    ibu…..rasa kecewamu,kau tutupi denagan keikalsan…
    pengorbanan mu takan tergantikan oleh apa pun jg…

  103. Awal Bin Ismail mengatakan:

    ada yang kurang ini, seketika ibu itu menulis dia dalam keadaan sakit keras, ketika anak itu datang ketanah air, ibunya sudah meninggal dunia, rasa bersalah anak itu pun semakin dalam karena dia merasa bersalah ketika dulu telah membuat ibunya bersedih

    • Awal Bin Ismail mengatakan:

      dia tidak bisa memaafkan dirinya sendiri…. akhirnya dia jujur kepada istrinya,,, dan menceritakan semuanya, perasaannya pun sedikit lega, suatu malam ibunya datang kedalam tidurnya, dan memberikan maaf, karena sang anak tidak bisa memaafkan dirinya, dan selalu gelisah… akhir cerita sang anak pun kekuburan ibunya dengan anak dan istrinya untuk berziarah…

  104. chichie mengatakan:

    Subhanallah…
    aku tak bisa untuk menahan air mataku..

  105. asid mengatakan:

    gak punya hati tu anak

  106. sano mengatakan:

    tersentuh ijin share ya min :))

  107. fira mengatakan:

    kasih ibu tak terhingga sepanjang masa,…!!!

  108. anggi sky mengatakan:

    gila anak itu

  109. yuliana mengatakan:

    ibu mav’n aku ya klau slama ni aku bnyak menyusahkanmu,,
    aku syang ibu,,, :)

  110. dkevin art mengatakan:

    goblok lu sma ibu kaya gtu.,

  111. aulia mengatakan:

    huaaaaa
    i cry cry,T.T
    benar2 tidak berperasaan tu anak T.T

  112. Dino Aros mengatakan:

    Sungguh…Sangat Menyentuh hatiee..q

  113. izoel mengatakan:

    izin share gan …mksh

  114. Lien Nda mengatakan:

    Sampai menitiskan air mata aku membacanya

  115. Nalsalisa mengatakan:

    Menangis dan menjadi sangat sayang sama Ibuku..

  116. sam mengatakan:

    Itulah ibu………. manusia penuh cinta dan kasih sayang, tanpa pamrih…………… miss u ema. kusesalu doakanmu………

  117. budianto mengatakan:

    hti trsa brgtr membca crita ini.

  118. Anwar Manik mengatakan:

    Meski rasanya aku selalu baik ama ibuku, tapi membaca ini tetap buatku bertanya, adakah hal yg tanpa sadarku telah menyakiti hati ibuku dan dia menyembunyikannya dariku?
    Mom, miss u so much… may God bless u as always…

  119. Dongo Bebe mengatakan:

    oh god…tak tahan men…nangis…sedih dan menyadarkan

  120. kafi mengatakan:

    ijin copy

  121. rinus michel mengatakan:

    ……………………………………………………………………………!!!
    biarlah mereka yg msh memiliki ibu dan ayah mulai menyayanginya.
    biarlah saya yg sdh kehilangan mereka menyesalinya…………….!!

  122. dika mengatakan:

    nangis gue cuy T_T

  123. Lucky mengatakan:

    T.T sedih banget ceritanya

  124. iwan mengatakan:

    begitu luar biasa hati seorang ibu ..
    kenapa selama ini kita menyia2kan kasih sayang ibu kita kepada kita…
    apa pun kekurangan ibu kita ,, kita harus bisa untuk menutupin nya ..

    i do love u mom …. ,,,

  125. jagajiwa mengatakan:

    Sebuah cerita yang sangat indah. Inilah contoh perjuangan seorang ibu yang tidak mengharapkan balas budi. Walau anaknya sangat durhaka, seorang ibu tidak akan mengumpat anaknya demi kebahagian anaknya. Tapi menurut pendapat saya cerita di atas belum selesai. Alangkah bagusnya kalau cerita tadi diselesaikan dan si anak menyadari tingkah lakunya yang tidak pantas sebagai anak kandungnya.

  126. srieeeee mengatakan:

    Ga terasa air mataku mengalir pas endingx,,
    Love u mom,,,

  127. chery mengatakan:

    Sdh buanget jd nangiisssss

  128. Faisal mengatakan:

    sedih banget,,,,,,,memberikan kita sebuah sudut pandang yang baik tentang betapa besar pengorbanan ibu kita yang banyak tak diketahui oleh kita

  129. Ode mengatakan:

    I like Id! I love you mom!!

  130. Pia mengatakan:

    Ma,, maafin pia ya!!
    Hiks.. Hiks;(

  131. ana mengatakan:

    ya Tuhan ampunilah dosaku, karena aku jg sring tidak mendengarkan kta ortuku, ku mhon smoga hal ini tdk terjadi pada ku!!!!!!!!! AMIN

  132. Nyzz mengatakan:

    jadi nangiz….hikz…hikz

  133. nay ymoedh mengatakan:

    speechless bacanyaaa ….hikzzzzz

  134. matdzofir mengatakan:

    buat pelajaran

  135. jellyfish mengatakan:

    hmmm. . .

  136. nenk sri chayank mengatakan:

    Kaya malin kundang padahal kutuk ªjª anak itu….

  137. Ety mengatakan:

    love u mom,,,,ibu adalh sglnya….

  138. nurhandy mengatakan:

    enkau mrk2yg msh punya ibu,sayangilah ibumu selagi ibumu msh hidup.siapapun ibumu.beliau yg telah mengasuhmu dgn kasih sayang

  139. orang cibadak, kec. cimanggu, pandeglang. (kulon) mengatakan:

    waw,,, very amaziiiiiiiiiiiiiiing,,
    kalau dkutuk s anak takakan bisa memperbaiki kslahannya, lebih baik terus terang ja,,, dan itu pasti akan berhasil, yg penting ibunya memaafknnya,.,.,

  140. Tendy susilo mengatakan:

    Kasih sayang seorang ibu tidak ada batas…..apakah sebagai anak bs seperti itu ( sebaliknya )

  141. ihsandhafin mengatakan:

    izin shre ya…..

  142. vina rohmatul ummah mengatakan:

    ya allah smoga q tdak mnjdi orang yg drhaka kpda orang tuaku, krna mrka adalah sgala2nya bagiku….

  143. aiy mengatakan:

    aku kangen ibuku yang selalu berjuang seorang diri untuk kebahagiaan anak-anaknya…
    luv you my mom ^^

  144. herry mengatakan:

    make me cry..dan akhirnya air matapun menetes..

    terima kasih aku ucapkan kepada malaikat pelindungku…yang mungkin tak akan terbalas dengan apapun juga…

  145. tariz mengatakan:

    Emosionalku terkuras dalam cerita ini,,,hanya dgn membaca saja seolah aku bisa menyaksikan bentuk visualisasinya si ibu itu dgn jelas,,, gak sadar sampe kluarin air mata.
    _ I love You Mom _

  146. tatik mengatakan:

    Jd ingat almarhumah ibu …. nangis aq ….smg Allah memasukkan beliau kdlm surga-Nya.Amin

  147. eikwek mengatakan:

    sangat indah ceritanya………

  148. Arhy mengatakan:

    i think this is the real good history.. i want to love my mom.. thank you so much

  149. aris mengatakan:

    subhanallah, cerita’a bgus bgt, bgt, bgt, :’)

  150. fahrul mengatakan:

    cerita yg sangat indah dan mengharukan..!

  151. danie mengatakan:

    Astaghfirullahalladzim….
    Sungguh tega anak tersebut….
    Dimana hati nuraninya???

  152. defrian mengatakan:

    ibu selalu menyayangi anaknya, apapun yang terjadi…

  153. dwi lestari mengatakan:

    always love my mom,,more than myself…….

  154. Hanna mengatakan:

    Ibu dlm crita itu adlh seorng yg brhati mulia…………Ia rela mngrbnkn mlknya utk anknya.Utk itu kta hrs brsyukur klu mmpunyai ibu yg mrh hti sperti ibu d dlm crita itu…………..Hiks hiks hiks hiks…………..Mom i love you so much…………………

    I always pray to you,Mom and i always happy to you Mom………
    HappyBirthday Mom…………………..

  155. Hanna mengatakan:

    My mom is everything to me……………Lord please always bless my mom………………

  156. Rizal mengatakan:

    Aku sangat sayang ibu Love you mom

  157. fajar mengatakan:

    terharu ………

  158. A.Rajo Intan mengatakan:

    IBUNDA MAAFKAN ANAKMU INI

  159. yayuk mahabah mengatakan:

    aq menangis

  160. riekarika mengatakan:

    ibu rela mengorbankan apapun demi anaknya,,,,
    nice

  161. adit mengatakan:

    i will always love you mom..

  162. desy mengatakan:

    Mungkin aku blom bisa membalas semua yang tlah kau korbankan uma tapi setiap saat doaku pada Tuhan berikan ibuku panjang umur,kesehatan dan sukavita disisa hidupnya

  163. luthfi fadlil mengatakan:

    wew keren, sampe” ni air mata jatuh sendiri :’)

  164. mami grs mengatakan:

    Ibu yg baik hati, betapa bsr pengorbananmu :(
    Dasar si anak durhaka, tdk tau bls budi…!

  165. lina mengatakan:

    seorng anak yg tidak mempunyai hati nurani
    tpi itu adalah pelajaran penting untuk dibaca bahwa sifat yg begitu tidak boleh dicontoh

  166. atika mengatakan:

    smga kta ambil pelajaran dri crta d atas

  167. Vamlou Tazkiya mengatakan:

    love you mom………
    i like this

  168. lukman mengatakan:

    subhanallah . / . . .

  169. nila mengatakan:

    love mom

  170. aden mengatakan:

    keren bgt…tanpa sadar air mata terus bercucuran,,pelajaran buat aq dan semua nya jgn sia”kan IBU mu selagi dia masih ada di dunia ini…Ibu adalah nyawaku,krn tanpa dia aq bkn siapa”.. LOVE U MOM…

  171. Hendry Cheung mengatakan:

    Awesome Story….
    Mkin scra gx lngsung kekrngan ibu tsbt tlah memotivasi ank’y tuk mnjdi org suksess…
    Kutipan “jgan prh mmbrikan pnilaian akan sbrpa bsar ksih syng ortu kpda kita” tp cba tnya pd dri kita “sbrpa bsar kita mnyayangi ortu slama ni”

    H.C….

  172. ibrahim ibra smk 1 pinrang mengatakan:

    luar biasa,,bhkan air mata menetes di pipi ini..arigatou okasan

  173. Mama,aq minta maaf atas semua kesalahanku yg sudah menyakiti hati Mama…at tahu,aq tidak akan menjadi seperti ini kalau tidak ada Mama d sampingku…Luv u,Mom…

  174. mommy lovers mengatakan:

    duch pengen nangis nih

  175. aku anak mama mengatakan:

    duch pngen nngis nih … luph u muum

  176. Munawar mengatakan:

    Waduh sedih sekali ya.ibu pengorbanannya luar biasa.ya rabb aku bersyuukur masih ada ibu

  177. Tatik mengatakan:

    Subhanallah
    maafkan aku ibu jikalau selalu menyakiti hati ibu

  178. puspa mengatakan:

    nangis sambil bacanya :(

  179. dhani mengatakan:

    kasih ibu memang tiada btsnya walau anknya tlh melukai hatinya dia akan tetap menyayangi dgn setulus hati

    cerita yg sgt menyentuh.
    I like it….

  180. dhani mengatakan:

    izin share ya bos………

  181. garcia child mengatakan:

    kasih ibu sepanjang masa. ibu adalah cahaya di dalam gelapku

  182. Tina mengatakan:

    Benar2 anak yg tidak tau diri!

  183. Ar_Razie mengatakan:

    Sungguh luar biasa…
    Cerita yg dpat mneteskan Air mataku….
    Smga smua ini mnjadi plajaran untk anak2 zman skrng….
    Sediiieehh…..

  184. amru mengatakan:

    missu mom.alwayse love u

  185. Ila Afnie's mengatakan:

    Ya Allah,
    Jaga sllu ibu_q Ya Rabb. Q mhon,,,
    Smga Kau berikan umur yg bermanfaat… aamiin

  186. shandy mengatakan:

    Jadi inget mamaq….. Lope u mama…..

  187. RIA mengatakan:

    JADI RINDU MAMA

  188. wanti mengatakan:

    sungguh menyentuh hati..

  189. sopian mengatakan:

    luv u mom..

  190. penot mengatakan:

    anak durhaka..

  191. penot mengatakan:

    cerita yg sngt menyentuh..

  192. Bang Uddin mengatakan:

    “WOW “

  193. luluekz mengatakan:

    i very sad with story this…………..please you give story next okey……………………………………………..

  194. dieana cute mengatakan:

    sungguh sangat menyentu………….q ingin mempunyai seorag ibu seprti yg ad d crita ini ,,,,,,,,,,q ingin mrasakan bagaimana rsax akan kasih syang seorg ibu yg bgitu tulus dan suci……….org bijak mengatakan ”kasih syang seorang ibu tak akan prnah hilang namun ksih syang seorg ank hanya sebatas akar ” I LIKE IT

  195. By anna mengatakan:

    I love you mom. Aku bisa bahagiain mamak.amin

  196. Zithy 3£_adition mengatakan:

    Mom,is the best in my life forever

  197. Ydsd mengatakan:

    Sungguh mulia kau ibu,,,,

  198. wegell mengatakan:

    i love my mam….

  199. Nan Seishin mengatakan:

    jadi inget mamku,,
    rasanya mau nangis aja,, luph you mom :)

  200. nawa mengatakan:

    kasihan bnget

  201. veve mengatakan:

    i love u mom…
    mkasih untuk semuanya hingga aku dewasa seperti saat ini…
    …aku nggak ingin menjadi anak durhaka…

  202. Khoir mengatakan:

    Ibu adalah insan yg paling sempurna.

  203. joe mengatakan:

    Arigatou gozaimasu Haha

  204. gemanaa mengatakan:

    what a greatest concept. :’)

  205. dewi mengatakan:

    sediiiiiiiih…………………what a great mom………………

  206. risa nurhaliza mengatakan:

    Mengharukan sekali yang dilakukan ibux…..
    Hikz hikz……..

  207. ris mengatakan:

    air mata jatuh tak terasa
    love you mom
    love you soo much

  208. ratna_galuh85@yahoo.co.id mengatakan:

    indahnya ceritanya
    love u mom

  209. sugy mengatakan:

    ceritanya nyentuh bgt dihati good…

  210. tembelex mengatakan:

    ooohhh….?ngomongaaaa dek mau…,

  211. salsa muthi mengatakan:

    seharusnya dia bersyukur karena kasih ibu tidak akan pernah lumpuh

  212. Aku engga akan pernah nyia2in mamahku.
    sungguh mulia jasamu, Allah lah yg akan membalas kebaikanmu mam.
    i love u mam

  213. Yacob Leke mengatakan:

    I love you Mom

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 48.155 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: